Husnah, Safiratul (2022) Implementasi Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SAFIRATUL HUSNAH T20181161 SKRIPSI WATERMARK.pdf Download (2MB) |
Abstract
Konteks penelitian ini adalah sesuai dengan berita yang beredar sekolah
SMA Negeri 2 Jember adalah sekolah favorit ke 2 yang berada di jember, sekolah ini ingin membentuk karakter peserta didik melalui penanaman nilai-nilai religius dengan menerapkan budaya religus di sekolah. Adapun budaya religius yang membedakan dengan sekolah lainnya yaitu terdapat kebiasaan berinfaq dihari jum’at dan kantin jujur. Kebiasaan berinfaq dan adanya kantin jujur sangat jarang sekali diterapkan di sekolah-sekolah terutama di sekolah negeri. kebiasaan tersebut sekolah dapat membentuk karakter siswa yang jujur dan ikhlas. Fokus Penelitian ini: 1) Bagaimana Konsep Budaya Religius dalam Pembentukan Karakter siswa di SMA Negeri 2 Jember? 2) Bagaimana
Pelaksanaan Budaya Religius Dalam Pembentukan karakter siswa SMA Negeri 2 Jember? 3) Bagaimana Evaluasi dari Pelaksanaan Budaya Religius Dalam Pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 2 Jember?. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan Konsep Budaya Religius dalam Pembentukan Karakter siswa di SMA Negeri 2 Jember. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Budaya Religius Dalam Pembentukan karakter siswa SMA Negeri 2 Jember. 3) Mendeskripsikan Evaluasi dari Pelaksanaan Budaya Religius Dalam Pembentukan karakter siswa SMA Negeri 2 Jember.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik Analisis data menggunakan analisis reduksi data yakni memilah-milah data yang diperoleh sesuai fokus penelitian, kemudian data tersebut disajikan dalam bentuk uraian, selanjutnya melakukan penarikan kesimpulan serta dapat menjawab pertanyaan dari fokus penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi.Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) konsep budaya religius dalam pembentukan karakter siswa berupa mengucapkan salam, sholat dhuha berjamaah, berdoa bersama, membaca asmaul husna, pembacaan al-qur’an, sholat dzuhur berjamaah, infaq di hari jum’at, kantin jujur; 2) Adapun pelaksanaan dari budaya religius mengucapkan salam dilakukan pada pagi hari dan saat memasuki ruang guru, sholat dhuha dilakukan pada jam istirahat, berdoa bersama dibacakanpada jam pertama dan waktu pulang sekolah, membaca asmaul husna dilakukan setelah berdoa dan waktu pembelajaran PAI, membaca al-qur’an dilakukan pada waktu pembelajaran PAI, sholat dzuhur berjamaah dilakukan pada waktu dzuhur, berinfaq dilakukan pada jam istirahat dihari jum’at, kantin jujur pada jam istirahat; 3) adapun evaluasi dari pelaksanaan budaya religius berupan melakukan pengamtan, monitoring serta pemberian sanksi. Kemudian terdapat faktorpenghambat berupa adanya pandemi dan tidak lancar dalam membaca alqur’an, serta faktor pendukung adanya sarana yang memadahi dan kekompakan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mis. Safiratul Husnah |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 08:40 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 08:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9872 |
Actions (login required)
View Item |