Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Revolusi Mental di SMPN 2 Tanggul Tahun Pelajaran 2021/2022

Fitriyana, Liza Nur (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Revolusi Mental di SMPN 2 Tanggul Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
LIZA NUR FITRIYANA_T20181246.pdf

Download (1MB)

Abstract

Liza Nur Fitriyana, 2022: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Revolusi Mental di SMPN 2 Tanggul Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata kunci: Strategi guru pendidikan agama Islam, Nilai-nilai revolusi mental

Era globalisasi dan modernisasi yang ditanandai oleh kemajuan teknologi dan informasi saat ini banyak membawa dampak negatif bagi generasi bangsa, dimana terjadi penurunan mental, degradasi moral, dan kemerosotan karakter di kalangan remaja, oleh sebab itu perlu adanya suatu perbaikan dengan menerapkan nilai-nilai revolusi mental yang dicanangkan oleh presiden Joko Widodo yang mengacu pada 3 nilai yaitu integritas, etos kerja, dan gotong royong. Dalam hal ini, SMPN 2 Tanggul menerapkan nilai-nilai revolusi mental sebagai pembiasaan guna menciptakan generasi penerus bangsa yang berbudi luhur, berakhlak mulia dan bermental kuat.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan nilai-nilai revolusi mental di SMPN 2 Tanggul?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai revolusi mental di SMPN 2 Tanggul?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan nilai-nilai revolusi mental di SMPN 2 Tanggul. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai revolusi mental di SMPN 2 Tanggul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentsi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui beberapa cara yaitu kondensai data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan nilai-nilai revolusi mental di SMPN 2 Tanggul yaitu: Pertama, melalui pendekatan agama (pembiasaan sholat dhuhur berjamaah, sholat dhuha, membaca yasin setiap Jum’at). Kedua, menerapkan nilai 7k (keimanan, kedisiplinan, keamanan, ketertiban, kebersihan, kekeluargaan, keindahan). Ketiga, memberi motivasi dan contoh keteladanan. Keempat, menyebutkan nama dan cita-cita saat memberi salam kepada guru. Kelima, memberi hukuman, hukuman diberikan untuk membuat siswa lebih disiplin dalam segala hal. (2) Faktor pendukung guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai revolusi mental di SMPN 2 Tanggul antara lain adanya aturan sistem dilembaga yang mengharuskan peserta didik mematuhi dan menyesuaikan diri, kasih sayang guru, dan dukungan keluarga. Sedangkan faktor penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai revolusi di SMPN 2 Tanggul yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya dukungan keluarga, guru, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Liza Nur Fitriyana
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:47
Last Modified: 15 Jul 2022 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9876

Actions (login required)

View Item View Item