INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM RAHMATAN LIL'ALAMIN MELALUI MATA KULIAH ISLAM NUSANTARA DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) IAIN JEMBER TAHUN 2019

FADIL AZIZ, HILMI (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM RAHMATAN LIL'ALAMIN MELALUI MATA KULIAH ISLAM NUSANTARA DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) IAIN JEMBER TAHUN 2019. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Hilmi Fadil Aziz_T20151392.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hilmi Fadil Aziz, 2022: Internalisasi nilai-nilai Islam Rahmatan Lilalamin melalui Mata kuliah Islam Nusantara di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Dalam moderasi beragama ada prinsip keseimbangan, kesederhanaan, kesantunan, dan persaudaraan. Ekspresi keagamaan diungkapkan dengan santun, dan agama menekankan persaudaraan. Moderasi beragama menjadi muatan nilai dan praktik yang paling sesuai untuk mewujudkan kemaslahatan bumi Indonesia terutama di Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan IAIN Jember. Penanaman nilai-nilai islam rahmatan lilalamin menjadi penting agar diajarkan di perguruan tinggi seperti di IAIN Jember, dengan menyediakan mata kuliah Islam Nusantara sebagai media penyampai dalam menanamkan nilai-nilai Islam rahmatan lilalamin. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana cara menginternalisasi nilai-nilai Islam Rahmatan Lilalamin melalui mata kuliah Islam Nusantara di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember?. 2) Bagaimana hambatan dan peluang internalisasi nilai-nilai Islam Rahmatan Lilalamin melalui mata kuliah Islam Nusantara di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember? Tujuan penelitian ini 1) Mengetahui internalisasi nilai-nilai Islam Rahmatan Lilalamin melalui mata kuliah Islam Nusantara di FTIK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. 2) Mengetahui hambatan dan peluang dalam menanamkan nilai-nilai Islam Rahmatan Lilalamin melalui mata kuliah Islam Nusantara di FTIK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah field research, Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung proses internalisasi nilai-nilai Islam Rahmatan lil alamiin di fakultas tarbiyah ilmu keguruan IAIN Jember serta peluang dan hambatan yang telah dialami. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Untuk keabsahan data, penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah dalam proses internalisasi nilai Islam Rahmatan Lil aalamin dalam mata kuliah Islam Nusantara, dosen pengampu melaksanakannya melalui pembelajaran di dalam kelas. Dosen pengampu menggunakan beberapa metode seperti: ceramah, penugasan, presentasi, dan diskusi. Karena hal ini bertujuan untuk memahamkan dan mendoktrin mahasiswa tentang nilai Islam Rahmatan Lil aalamin. Adapun pada fokus penelitian yang kedua, dosen pengampu dihadapkan dengan beberapa hambatan, diantaranya latar belakang pendidikan sebelum jenjang kuliah dan pemahaman keislaman yang berbeda. Untuk peluang yang akan didapat dalam proses internalisasi ini adalah ada nilai positif di kalangan masyarakat karena para alumni diharapkan memberikan edukasi keislaman yang santun dan damai sehingga dapat di terima oleh semua kalangan. Kata Kunci: Islam, Rahmatan Lil aalamin, internalisasi, Nilai-nilai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: HILMI FADIL AZIZ
Date Deposited: 13 Jul 2022 08:31
Last Modified: 13 Jul 2022 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9878

Actions (login required)

View Item View Item