Inovasi pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah kejuruan Nahdlatuth Thalabah Jember Tahun pelajaran 2021/2022

Khasanah, Uswatun (2022) Inovasi pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah kejuruan Nahdlatuth Thalabah Jember Tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Skripsi Uswatun Watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Uswatun Khasanah, 2022 : Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatuth Thalabah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata kunci : Inovasi , Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Pendidikan yang merupakan sarana dan prasarana untuk menunjang terlaksana kegiatan pembelajaran tentunya perlu mendapatkan perhatian te rsendiri, keberadaannya tidak dapat diabaikan begitu saja dalam proses pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran , hal ini dikarenakan tanpa adanya pendidikan tidak akan berjalan dengan baik, termasuk dalam proses pembelajaran PAI.
Adapun fokus penelitian yang di ambil dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan inovasi pembelajaran PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung inovasi pembelajaran PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan inovasi pembelajaran PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah Tahun Pelajaran 2021/2022 dan untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam inovasi pembelajaran PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah Tahun Pelajaran 2021/2022
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah field research penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi tak berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari milles huberman dan saldana berikut langkah-langkah diantaranya kondensasi data,penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber data, dan triangulasi teori.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) pelaksanaan inovasi pembelajaran PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah memang benar dilaksakan dengan kegiatan ubudiyah karena SMK tersebut berlatar belakang pondok pesantren, 2) faktor penghambat dan pendukung dalam inovasi pembelajaran PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah Jember yaitu faktor penghambat kadang murid kurang bersemangat Dan faktor pendukung dari inovasi pembelajaran PAI yakni faktor murid,lingkungan, fasilitas sangat menunjang proses pembelajaran di SMK Nahdlatuth Thalabah dan sudah di kategorikan fasilitas lengkap sehingga dapat memudahkan guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Depositing User: Miss Uswatun Khasanah
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:58
Last Modified: 09 Aug 2022 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9880

Actions (login required)

View Item View Item