Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Gaya Kepemimpinan Otoriter dengan Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah se Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember

Khotimah, Husnul (2022) Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Gaya Kepemimpinan Otoriter dengan Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah se Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HUSNUL KHOTIMAH_T20173034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: gaya kepemimpinan demokratis, gaya kepemimpinan otoriter dan
kinerja.
Desa karangpring terdapat empat lembaga pendidikan Madrasah
Tsanawiyah diantaranya MTs Sunan Kalijaga, MTs Ar-Raudlah, MTs Nurul
yaqin dan MTs SA-Al alawiyah. Keempat madrasah tersebut tergolong baik mulai
dari manajemen SDM atapun manajemen sarana dan prasarananya, Hal tersebut
tidak lepas dari peran Kepala Madrasah dengan gaya kepemimpinananya yang
sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan kemajuan Madrasah. Gaya
kepemimpinan yang digunakan diantaranya Gaya kepemimpinan demokratis dan
gaya kepemimpinan otoriter.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis hubungan gaya
kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah dengan kinerja guru Madrasah
Tsanawiyah se Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. 2)
Untuk menganalisis hubungan gaya otoriter Kepala Madrasah dengan kinerja guru
Madrasah Tsanawiyah se Desa Karangpring Sukorambi Jember. 3)Untuk
menganalisis hubungan gaya kepemimpinan demokratis dan otoriter Kepala
Madrasah secara bersama-sama dengan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah se
Desa Karangpring Sukorambi Jember. Variabel dalam penelitian ini ada tiga
variabel yaitu gaya kepemimpinan demokratis Kepala madrasah (x1), gaya
kepemimpinan otoriter kepala madrasah (x2) dan Kinerja Guru (y).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah se Desa Karangpring
Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember dengan jumlah 97 tenaga pendidik dan
kependidikan, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
strata sampling dengan jumlah 78 tenaga pendidik dan kependidikan. Intrumen
dalam penelitian ini menggunakan pedoman angket untuk mendapatkan skor gaya
kepemimpinan demokratis kepala madrasah dan skor gaya kepemimpinan kepala
Madarsah dan skor kinerja Guru.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) hasil uji hipotesis
diperoleh nilai signifikan antara dua variabel adalah 0,027 yang berarti lebih kecil
dari 0,05.Gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah Tsanawiyah se Desa
Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember memiliki hubungan yang
“sedang” dengan kinerja guru. 2) Pada hasil perhitungan menggunakan korelasi
product moment, nilai signifikansi antara dua variabel adalah 0,018 yang berarti
lebih kecil dari 0,05. Gaya kepemimpinan otoriter Kepala Madrasah Tsanawiyah
se Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember memiliki
hubungan yang “rendah” dengan kinerja guru. 3) Pada hasil perhitungan
menggunakan korelasi product moment berganda nilai signifikansi antara tiga
variabel adalah 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. “sedang” dengan kinerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1203 Design Practice and Management > 120303 Design Management and Studio and Professional Practice
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Husnul Khotimah
Date Deposited: 13 Jul 2022 09:08
Last Modified: 13 Jul 2022 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9882

Actions (login required)

View Item View Item