IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING PESANTREN MAHASISWA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN IBNU KATSIR 2 JEMBER)

Safikah, Nurul (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING PESANTREN MAHASISWA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN IBNU KATSIR 2 JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi nurul safikah full watermark.pdf

Download (7MB)

Abstract

Safikah, Nurul. 2022. Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Pesantren Mahasiswa (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir 2 Jember). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing : Siti Aminah, M.Pd.

Kata Kunci: Kitab Kuning, Pesantren Mahasiswa

Pendidikan di Pondok Pesantren saat ini memang sangat penting bagi seluruh umat Islam apalagi para mahasiswa yang masih menimba ilmu sangat perlu melaksanakan pendidikan khususnya dikawasan Pondok Pesantren. Khususnya pembelajaran kitab kuning yang saat ini tidak semua pesantren menerapkan hal itu, apalagi pondok pesantren bagi mahasiswa.
Adapun fokus dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir 2 Jember? 2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir 2 Jember?, 3). Bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir 2 Jember?
Tujuan penelitian ini yakni: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir 2 Jember. 2). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir 2 Jember. 3). Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan skunder. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.
Adapun hasil penelitian ini adalah : 1). Perencanaan pembelajaran kitab kuning meliputi : pembuatan RPP dan silabus setiap pembelajaran. Rencana tujan, materi, strategi, media, dan evaluasi pembelajaran. 2). Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning meliputi 3 tahap, yaitu Kegitan Awal : pembacaan metode Al Miftah. Kegiatan Inti : Pembelajaran materi seperti fiqih, nahwu dan sorof, dan tauhid. Metode pembelajaran menggunakan ceramah. Media pendukung berupa papan tulis dan LCD. Kegiatan Akhir : mengulang kembali materi yang telah disampaikan, sesi tanya jawab interaktif, dan ditutup berdo’a bersama. 3). Evaluasi Pembelajaran Kitab Kuning, pertama : Tes berupa UTS dan UAS. Kedua : NonTes berupa Tes Lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Safikah
Date Deposited: 19 Jul 2022 09:06
Last Modified: 19 Jul 2022 09:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9887

Actions (login required)

View Item View Item