Pengembangan Modul Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X IPA Di MA Miftahul Ulum Kalisat Jember Tahun Ajaran 2020/2021

Kurratul, Ainia (2022) Pengembangan Modul Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X IPA Di MA Miftahul Ulum Kalisat Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KURRATUL AINIA_T20158033.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Modul Biologi, Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman
Modul merupakan sebuah bahan ajar yang disusun secara sistematis dalam bahasa yang mudah dipahami siswa dan dapat dipelajari secara mandiri tanpa membutuhkan fasilitator. Sedangkan di MA Miftahul Ulum Kalisat guru belum menggunakan modul sebagai bahan ajar, beberapa siswa juga menunjukkan minat yang rendah terhadap biologi selama pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar untuk membantu siswa lebih memahami materi yang diajarkan. Salah satu bahan ajar tersebut adalah modul, khususnya modul yang terintegrasi nilai-nilai keislaman.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengembangan modul biologi dan validasi modul biologi berintegrasi nilai- nilai keislaman dengan pendekatan inkuiri pada Keanekaragaman hayati kelas X di MA Miftahul Ulum Kalisat Jember.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation) tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan, karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki peneliti. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi.
Hasil validasi menunjukkan layak digunakan. Hasil validasi oleh ahli materi 1 didapatkan presentase sebesar 83,2%, ahli materi 2 didapatkan sebesar 82,4%, hasil validasi oleh validator media 1 mendapatkan presentase sebesar 77,3%, validator media 2 mendapatkan presentase sebesar 84%, hasil validasi oleh ahli materi dibidang integrasi nilai-nilai islam didapatkan presentase sebesar 80%, sedangkan hasil validasi oleh validator bahasa mendapatkan presentase sebesar 82,6%, yang semua hasil validasi tersebut berada pada kategori cukup valid atau dapat digunakan namun perlu direvisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Unnamed user with email ainia2177@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:14
Last Modified: 19 Jul 2022 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9889

Actions (login required)

View Item View Item