PENERAPAN BIMBINGAN KARIR PENDEKATAN TRAIT AND FACTOR DALAM MEMBANTU PERENCANAAN KARIR REMAJA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) AL IMAN WULUHAN JEMBER

Wati, Diah Ayu Ambar (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KARIR PENDEKATAN TRAIT AND FACTOR DALAM MEMBANTU PERENCANAAN KARIR REMAJA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) AL IMAN WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diah Ayu Ambar Wati_ D20183037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masa perkembangan remaja di Panti Asuhan tidak terlepas dari berbagai tuntutan, salah satunya adalah merencanakan karir dimasa depan setelah keluar dari lembaga panti asuhan atau LKSA. Tetapi ada beberapa remaja tidak mampu merencanakan kehidupan masa depannya. Sehingga diperlukan pemberian bimbingan yang nantinya dapat membantu permasalahan yang mereka hadapi.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan bimbingan karir pendekatan trait and factor dalam membantu perencanaan karir remaja di lembaga kesejahteraan sosial anak Al Iman? 2) Bagaimana hasil penerapan bimbingan karir pendekatan trait and factor dalam membantu perencanaan karir remaja di lembaga kesejahteraan sosial anak Al Iman ?
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana bimbingan karir pendekatan trait and factor dalam membantu perencanaan karir remaja di lembaga kesejahteraan sosial anak Al Iman. 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil bimbingan karir pendekatan trait and factor dalam membantu perencanaan karir remaja di lembaga kesejahteraan sosial anak Al Iman.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti mengggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Subjek penelitian ini ditentukan melalui purposive sumpling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawanacara dan dokumentasi. Keabsahan peneliti menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh simpulan 1) penerapan bimbingan karir pendekan trait and factor dalam membantu perencanaan karir remaja di LKSA Al Iman diawali dengan Psikotes dan dilakukan melalui tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama berfokus membangun pemahaman diri mereka. Pertemuan kedua, berfokus membangun pemahaman tentang informasi karir yang relevan. Dan pertemuan ketiga, berfokus membangun perencanaan karir berdasarkan integrasi antara pemahaman diri dan pengetahuan dunia kerja. 2) Hasil dari bimbingan karir tersebut yakni masing-masing konseli memiliki pengetahuan dan pemahaman diri sendiri, memiliki pengetahuan dan pemahaman dunia kerja dan memiliki penalaran yang realistis akan hubungan pengetahuan dan pemahaman diri sendiri dengan pengetahuan dan pemhaman dunia kerja sehingga mampu membangun perencanaan karir serta memiliki beberapa alternatif karir yang sesuai dengan keadaan mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Diah Ayu Ambar Wati
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:41
Last Modified: 14 Jul 2022 08:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9907

Actions (login required)

View Item View Item