Anggi Sofy, Anjeli (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 1 LEKOK PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
Text
ANGGI SOFY ANJELI_T20181009.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia semakin maju, dengan adanya perubahan yang signifikan, seperti model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Dalam proses peningkatan mutu pembelajaran di SMPN 1 Lekok ini pendidik menggunakan model kooperatif tipe think pair share, hasil yang dicapai mengalami peningkatan keaktifan belajar dengan dibuktikan dari adanya data sebelum dan sesudah melakukan model tersebut. Data sesudah seperti aktif membaca, menyimak, tanya jawab dan lainnya.
Fokus penelitian meliputi. 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam menggunakan model kooperatif tipe think pair share dalam meningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2021/ 2022? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam menggunakan model kooperatif tipe think pair share dalam meningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2021/ 2022? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam menggunakan model kooperatif tipe think pair share dalam meningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2021/ 2022?.
Tujuan penelitian meliputi. 1) Memaparkan perencanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam menggunakan model kooperatif tipe think pair share dalam meningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2021/2022. 2) Memaparkan pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam menggunakan model kooperatif tipe think pair share dalam meningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2021/2022. 3) Memaparkan evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam menggunakan model kooperatif tipe think pair share dalam meningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini sebagai berikut. 1) perencanaan pembelajaran menggunakan silabus dan RPP pendidikan Agama Islam sebagai acuan pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share mengajak peserta didik untuk berpikir individu, berpasangan menjalin kerjasama, berbagi hasil diskusi di depan kelas. 3) evaluasi yang didapat dengan menilai peserta didik melalui dua aspek kognitif dan afektif. Dari pembelajaran menggunakan model ini mampu meningkatkan peserta didik aktif dalam segi pengetahuan belajar dan sikap.
Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Think Pair Share, Keaktifan Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Depositing User: | Anggi Sofy Anjeli |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 01:34 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 01:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9920 |
Actions (login required)
View Item |