Pendekatan Analisis SWOT dalam strategi Pemasaran Produk Pembiayaan kendaraan Bermotor di bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Situbondo

Izzul Hudatul Mutlaqin, - (2020) Pendekatan Analisis SWOT dalam strategi Pemasaran Produk Pembiayaan kendaraan Bermotor di bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Situbondo. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
Izzul Hudatul Mutlaqin_E20161059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Izzul Hudatul Mutlaqin, 2020: Pendekatan Analisis SWOT dalam strategi Pemasaran Produk Pembiayaan kendaraan Bermotor di bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Situbondo Munculnya banyak lembaga keuangan yang berprinsip syariah pasti akan menyebabkan persaingan atau kompetisi akan sangat erat. Maka bank perlu membuat strategi keunggulan dalam bersaing. Untuk unggul dalam bersaing, perbankan harus menyusun strategi yang baik, sehingga dapat menarik nasabah baru dan mempertahankan nasabah lama yang sudah ada. Perumusan strategi pemasaran didasarkan pada analisis yang menyeluruh terhadap pengaruh faktorfaktor lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Analisis SWOT merupakan salah satu langkah yang tepat untuk dapat mengetahui poin-poin penting yang menjadi tolak ukur dalam sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats terlibat dalam suatu proyek atau dalam bisnis usaha. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah strategi pemasaran produk pembiayaan kendaraan bermotor di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Situbondo,. 2) Bagaimanakah analisis SWOT dalam produk pembiayaan kendaraan bermotor di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Situbondo? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran produk pembiayaan kendaraan bermotor di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Situbondo, 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis SWOT dalam produk pembiayaan kendaraan bermotor di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Situbondo. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian menggunakan field research. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil kesimpulan yang didapat bahwa: 1) Strategi pemasaran yang digunakan BSM KCP Situbondo dalam memasarkan produk pembiayaan kendaraan bermotor menggunakan strategi segmentasi pasar, targeting, positioning, dan bauran promosi (periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas), 2) Berdasarkan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Situbondo berada di posisi kuadran I yaitu Growth Oriented Strategy. Dengan memanfaatkan strategi SO, ST, WO,dan WT. Kata kunci: Strategi Pemasaran, dan Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:18
Last Modified: 12 Jul 2022 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9921

Actions (login required)

View Item View Item