Analisis Dampak Jumlah Ritel, Jarak, Promosi, Pelayanan Ritel Modern (Minimarket) Terhadap Penurunan Omset Toko Kelontong Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Khusnul Khotimah, - (2021) Analisis Dampak Jumlah Ritel, Jarak, Promosi, Pelayanan Ritel Modern (Minimarket) Terhadap Penurunan Omset Toko Kelontong Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
KHUSNUL KHOTIMAH_E20162016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khusnul Khotimah. Nurul Setianingrum S,E.,M.M.2021.Analisis Dampak Jumlah Ritel, Jarak, Promosi, Pelayanan Ritel Modern (Minimarket) Terhadap Penurunan Omset Toko Kelontong Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Keberadaan ritel modern di kecamatan Kaliwates berdasarkan BPS berjumlah 50 gerai dengan jarak yang tidak terlalu jauh dengan ritel-ritel tradisional. Dari segi letaknya baik ritel modern dan toko kelontong sangat strategis yakni terletak di daerah perkotaan dengan ruang lingkup kawasan kampus Universitas Islam Negeri KH Ahmad Siddiq Jember dan banyak pondok pesantren. Terkait dengan hal itu meskipun Indomaret tersebut memiliki segmen pembeli tersendiri, tetapi munculnya dapat mengganggu eksistensi dari keberadaan toko kelontong sehingga dapat mempengaruhi perubahan omset penjualan mereka. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini meliputi: 1. Apakah jumlah ritel, jarak, promosi, pelayanan ritel modern (minimarket) berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap penurunan omset toko kelontong di kecamatan kaliwates kabupaten jember? 2. Apakah jumlah ritel, jarak, promosi, pelayanan ritel modern (minimarket) berpengaruh secara parsial atau satu per satu terhadap penurunan omset toko kelontong di kecamatan kaliwates kabupaten jember?. Adapun maksud dari tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui tingkat signifikansi dari variabel independen (jumlah minimarket, jarak, promosi, dan pelayanan) terhadap variabel dependen (penurunan omset toko kelontong) baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan metode kuantitatif. Teknik dan instrumen pengumpulan data responden menggunakan observasi, kuesioner tertutup, dan dokumentasi, cara teknik pengambilan sampel responden dengan menggunakan purposive sampling adapun jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 responden. Penelitian ini diperoleh kesimpulan 1. Berdasarkan uji simultan (uji F) diperoleh nilai signifikansi 0,000 adapun F Hitung Pada penelitian ini sebesar 95,865 atau (0,000<0,05) dan F Hitung>F Tabel(64,323> 2,76). Dengan demikian hasil uji F (bersama-sama) menunjukkan adanya pengaruh dari variabel independen jumlah minimarket, jarak, promosi, dan pelayanan secara terhadap penurunan omset. 2. Berdasarkan uji parsial (uji T) diperoleh hasil jumlah minimarket (X1) memiliki nilai signifikansi>0,05 (0,209>,05) adapun nilai thitung>ttabel (-1,290>2,060) Ho diterima Ha ditolak. Jarak (X2) diperoleh nilai signifikansi <0,05 (0,003<0,05) adapun nilai t thitung>ttabel(3,333>2,060) Ho ditolak Ha diterima. Promosi (X3) memiliki nilai signifikansi <0,05 (0,020<0,05) dan t hitung>t tabel (2,477>2,060) Ho ditolak Ha diterima. Dan pelayanan (X4) memiliki nilai signifikansi <0,05 (0,000<0,05) dan t hitung>t tabel (4,513>2,060) maka Ho ditolak Ha diterima. Kata Kunci: Jumlah minimarket, Jarak, Promosi, Pelayanan, Penurunan Omset

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:17
Last Modified: 12 Jul 2022 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9924

Actions (login required)

View Item View Item