Misriani, Misriani (2022) Penerapan Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 02 Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
misriani T20181424 skripsi digilib.pdf Download (5MB) |
Abstract
Model pembelajaran SAVI merupakan model pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang di miliki peserta didik. Pembelajaran dengan menggunakan Model SAVI merupakan salah satu upaya untuk memacu semangat belajar dan mendorong siswa untuk kreatif, efektif dan menyenangkan sesuai dengan tipologi belajar peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengungkap pelaksanaan pembelajaran dengan Model Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual dalam Pembelajaran PAI di SMKN 02 Bondowoso
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran SAVI untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022?. 2) Bagaimana Evaluasi Model Pembelajaran SAVI untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022?.
Tujuan Penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan dan evaluasi Model Pembelajaran SAVI untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 02 Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Studi Kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman yakni tahap pertama di lakukan pengumpulan data, tahapan dari kondensasi data, selanjutnya penyajian data kemudian penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Somatis , kelas X pada materi Asmaul Husna adalah membaca bersama Asmaul Husna dengan gerakan tangan, dan kelas XI pada materi Merawat jenazah adalah menyiapkan peralatan merawat jenazah sedangkan kelas XII pada materi munakahat adalah menyiapkan teman-teman kelas untuk berperan. Auditori, proses ini diawali dengan guru memberikan penjelasan singkat dan dikaitkan dalam kehidupan sekitar terkait materi. Visual, Bagi kelas X materi Asmaul Husna mengamati di layar berupa video bacaan asmaul husna dengan gerakannya, dan kelas XI dan XII mengamati penjelasan singkat. Intelektual, peserta didik membuat analisis mengenai materi. 2) Evaluasi menggunakan 3 penilaian yaitu penilaian kompetensi sikap , penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi keterampilan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Misriani Misriani Misriani |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 08:53 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 08:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9926 |
Actions (login required)
View Item |