Peran Word of Mouth(Wom) Terhadap Jumlah Nasabah Tabungan Simpedes di Bank Rakyat Indonesia KC Jember.

Devi Ratna Wulandari, - (2020) Peran Word of Mouth(Wom) Terhadap Jumlah Nasabah Tabungan Simpedes di Bank Rakyat Indonesia KC Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program studi Perbankan Syariah.

[img] Text
Devi Ratna Wulandari_E20151128.pdf

Download (5MB)

Abstract

Devi Ratna Wulandari, 2020 :Peran Word of Mouth(Wom) Terhadap Jumlah Nasabah Tabungan Simpedes di Bank Rakyat Indonesia KC Jember. Kata Kunci : Word of mouth, Nasabah, Tabungan Word of Mouth adalah bentuk percakapan mengenai produk antara satu orang dengan orang lain tentang suatu pesan yang terkadang tidak disadari oleh pihak pengirim (sender) atau penerima (receiver) pesan itu sendiri. Nasabah adalah orang yang biasa berhubungan dengan atau menjadi pelanggan bank (dalam hal keuangan). Sedangkan nasabah penyimpan adalah nasabah yang menempatkan dananya di bank dalam bentuk simpanan berdasarkan perjanjian pihak bank dengan nasabah yang bersangkutan.Tabungan merupakan simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek/ bilyet giro dan/atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme dalam pengajuan tabungan simpedes di Bank Rakyat Indonesia Kabupaten Jember? 2) Bagaimana peran word of mouth(wom) terhadap jumlah nasabah dalam pengajuan tabungan simpedes di Bank Rakyat Indonesia KC Jember? Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian menggunakan purposive. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, keabsahan datanya menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa; pertama, Untuk mekanisme atau alur pengajuan tabungan simpedes di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember: pertama, nasabah harus datang ke bank secara langsung dengan membawa persyaratan yang disebutkan tadi, harus lengkap seperti KTP, NPWP (jika ada), termasuk setoran awalnya juga sebesar Rp 100.000. dilanjut dengan pengisian formulir by system dibantu customer service serta beberapa hal nanti akan ditanyakan oleh customer service untuk kelengkapan data calon nasabah. Setalah data semua ter-input lalu print out. Lalu nasabah akan mendapatkan buku rekening, ATM beserta PIN. Kedua, pihak BRI menarik minat nasabah melalui word of mouth adalah dengan cara memberikan hadiah pada para melalui Pesta Rakyat Simpedes dimana kegiatan ini diundi tepatnya enam bulan sekali yang mana berhadiah seperti mobil yang biasa dipajang di depan kantor BRI KC Jember, kemudian motor, televisi, dan hadiah lainnya. Sehingga dapat menarik minat nasabah untuk terus menambah jumlah nominal tabungannya di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember. Kata kunci: Word of mouth, Nasabah, Tabungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:17
Last Modified: 12 Jul 2022 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9928

Actions (login required)

View Item View Item