PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N 2 BUNGATAN KELAS VII

Najah, Fadlun (2022) PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N 2 BUNGATAN KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN khas KH Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
FADLUN NAJAH_T201710038.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fadlun najah, 2022. peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning pada materi pencemaran lingkungan di SMPN 2 Bungatan kelas VII

kata kunci : berpikir kritis, problem based learning , siswa

SMPN 2 Bungatan merupakan sekolah yang terletak di desa sumber tengah yang dimana desa tersebut sangat fanatik dalam segi keagamaan di desa tersebut mayoritas lulus dari Sekola dasar (SD) langsung di masukan ke pesantren maka secara otomatis yang sekolah umum di sana sangat minim, dari opservasi yang kami lakukan meperoleh data kelas VII berjumlah 13 siswa kelas VIII berjumlah 11 siswa kelas IX berjumlah 6 siswa dan guru yang mengajar berjumlah 10 orang, dan uniknya yang di pakai ialah model Problem Based Learning karna model tersebut sangat cocok untuk siswa yang dominan lebih sedikit, bahkan bisa di katakan efektif, sehingga kemungkinan besar tingkat hasil belajar siswa di SMP tersebut lebih tinggi. dari sini kami ingin mengetahui besar pengaruh model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuang berpikir kritis siswa .dalam permasalahan yang ada di sekolah SMP N 2 Bungatan
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah SMP N 2 Bungatan.
Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Berlokasi di SMPN 2 Bungatan dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VII SMPN 2 Bungatan dan guru IPA,. Teknik pengumpulan data menggunakan; 1) observasi 2) wawancara 3) dokumentasi 4) kuesioner . Kemudian teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman Sedangkan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan trianglusi sumber.
Hasil penelitian ini di kemukakan bahwa : Berdasarkan dari analisis data dan pemaparan data yang telah di lakukan maka dapat di simpulkan bahwa hasil dari penerapan model Problem Based Learning dari hasil observasi pada saat ketiatan pembelajaran pada 3 pertemuan rata rata 13 siswa dari semua kelas VII mampu mencapai 5 indikator berpikir kritis siswa dan selaras dengan hasil wawancara yang di lakukan bahwa Kegiatan pembelajaran butuh sebauh strategi atau model untuk lebih meningkatkan kualitas peserta dan juga meningkatkan kualitas sekolah. jika di lihat dari permasalahan yang ada pada sekolah SMP Negeri 2 Bungatan model yang tepat di gunakan yaitu model Problem Based Learning karna model ini mampu memberikan semangat dalam kegiatan dan siswa tidak merasa bosan meskipun peserta didik di sini sangat minim yakni 13 siswa dari seluruh kelas VII, jika di tanya terkait kemampuan berpikir kritis siswa. Maka bisa di nilai mampu dengan di buktikan pada saat kegiatan pembelejaran siswa mampu merumuskan pokok pokok permasalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: S.Pd Fadlun Najah
Date Deposited: 13 Jul 2022 09:21
Last Modified: 13 Jul 2022 09:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9960

Actions (login required)

View Item View Item