Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religius Di Sekolah Internasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tursina Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020-2021

Muh. Mastori, Mastori (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religius Di Sekolah Internasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tursina Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI TERBARUUUUUU.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Muh. Mastori, 2022. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religius Di Sekolah Internasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tursina Banyuwangi.
Implementasi pendidikan karakter di Sekolah-sekolah umum yang kurang begitu memperhatikan dan fokus dalam penanaman karakter pada ranah keagamaannya, sekolah yang menerapkan program keagamaan hanya beberapa dari sekolah-sekolah umum yang ada di Banyuwangi. Sekolah-sekolah umum biasanya hanya berfokus pada pengembangan intelektualnya saja.
Berkaca dari permasalahan di atas, peneliti berupaya untuk mengungkapkan secara mendalam tentang implementasi pendidikan karakter pendidikan karakter berbasis budaya religius di sekolah internasional SMP tursina banyuwangi dengan fokus penelitian: (1) bagaimana perencanaan pendidikan karakter berbasis budaya religius di sekolah Internasional SMP Tursina Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020-2021? (2) bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter berbasis budaya religius di sekolah Internasional SMP Tursina Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020-2021? (3) bagaimana Evaluasi dan tindak lanjut pendidikan karakter berbasis budaya religius di sekolah Internasional SMP Tursina Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020-2021?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian penelitian lapangan (field reserach). Dan teknik pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut: (1) Wawancara, (2) Observasi, dan (3) Dokumenasi. Dalam menentukan Keabsahan data pada penelitian terdapat dua macam diantaranya: (1) Triangulasi sumber, dan (2) Triangulasi teknik. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan perencanaan pendidikan karakter berbasis budaya religius di sekolah internasional SMP tursina banyuwangi. Proses perencanaan pendidikan karakter di SMP tursina tidak menggunakan perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, tetapi sekolah tersebut memiliki sistem perencanaan sendiri yang dibentuk oleh tim (2) Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis budaya religius di sekolah internasional SMP tursina banyuwangi. pelaksanaan pendidikan karakter tidak diintegrasikan dalam proses pembelajaran Agama akan tetapi semacam pembiasaan yang diterapkan sebelum atau sesudah proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran tetap fokus pada Materi dan bahan ajar yang sudah disusun. (3) Evaluasi dan tindak lanjut pendidikan karakter berbasis budaya religius di sekolah internasional SMP tursina Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020-2021, Setelah adanya rapat evaluasi, dewan guru mengadakan berupa tindakan yang harus dilaksanakan. Seperti, adanya persoalan siswa yang tidak mematuhi peraturan. Jadi, para guru harus memberikan tindakan berupa proses hukuman yang mendidik agar siswa tersebut jera dan tidak ingin mengulangi lagi.
Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Budaya religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Muh. Mastori
Date Deposited: 13 Jul 2022 08:33
Last Modified: 13 Jul 2022 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9969

Actions (login required)

View Item View Item