PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FIQIH BERBASIS FLIPBOOK MAKER DI MADRASAH ALIYAH AL HIKMAH PASRUJAMBE LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nafisah, Nilatun (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FIQIH BERBASIS FLIPBOOK MAKER DI MADRASAH ALIYAH AL HIKMAH PASRUJAMBE LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Masters thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Tesis Nilatun Nafisah watermark.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Nilatun Nafisah, 2022. Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Berbasis Flipbook Maker di Madrasah Aliyah Al Hikmah Pasrujambe Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Mashudi, M. Pd, Pembimbing II: Dr. Mukaffan, M. Pd

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Flipbook Maker
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa paradigma baru pada learning material pada dunia pendidikan. Pengembangan bahan ajar berbasis komputer memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan bahan ajar cetak biasa. Di sekolah Madrasah Aliyah Al Hikmah masih terbatas pada buku dari Kemendikbud Kurikulum 2013 yang biasanya digunakan secara bergantian dengan kelas lain saat jam pelajaran. Dan masih kekurangan bahan ajar yang mendukung untuk kegiatan belajar mengajar. Pendidik sebatas menyampaikan materi yang ada dibuku tersebut yang bersifat terlalu umum sehingga peserta didik terkadang jenuh dan peserta didik tidak punya motivasi untuk belajar.
Bahan ajar berbasis flipbook maker merupakan salah satu solusi dalam memecahkan permasalahan kejenuhan saat belajar karena ketertarikannya pada sistem multimedia yang mampu menyuguhkan tampilan teks, gambar, vidio, audio dan animasi yang menarik, sehingga memotivasi penulis untuk menyusun materi bahan ajar berbasis flipbook maker pada materi fiqih di Madrasah aliyah Al Hikmah Pasrujambe Kabupaten Lumajang.
Tujuan penulisan ini (1) Untuk menghasilkan bahan ajar fiqih materi Untuk menghasilkan bahan ajar fiqih berbasis flipbook maker materi “Konsep Muamalah dalam Islam tentang Jual Beli, Khiyar, Salam dan Hajru” kelas X di Madrasah Aliyah Al Hikmah Pasrujambe Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022 (2) Untuk menguji efektifitas bahan ajar fiqih berbasis flipbook maker “Konsep Muamalah dalam Islam tentang Jual Beli, Khiyar, Salam dan Hajru” kelas X di Madrasah Aliyah Al Hikmah Pasrujambe Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022
Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall yang terbagi menjadi 10 langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk hasil, dan (10) diseminasi dan implementasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen non tes (kuesioner/angket), diskusi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan ttest dengan menggunakan program statistik SPSS versi 25.
Hasil penilaian dari ahli materi adalah 88%, ahli materi atau isi 90,76%, ahli bahasa 86%, ahli desain 86%. Rekapitulasi dari ketiga ahli adalah 82,5% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis data menggunakan simple paired t-tes menunjukkan thitung > ttabel (11.065 > 2,064). Artinya Bahan Ajar fiqih berbasis flipbook maker efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nilatun Nilatun Nafisah Nafis
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:35
Last Modified: 15 Jul 2022 02:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10043

Actions (login required)

View Item View Item