PENCABUTAN HAK ATAS TANAH UNTUK KEPENTINGAN PEMBANGUNAN UMUM BERDASARKAN AL-MASLAHAH ALAMMAH (Studi Kasus Pembukaan Jalan Baru Di Desa Widoropayung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo)

Moch, Nashrullah (2022) PENCABUTAN HAK ATAS TANAH UNTUK KEPENTINGAN PEMBANGUNAN UMUM BERDASARKAN AL-MASLAHAH ALAMMAH (Studi Kasus Pembukaan Jalan Baru Di Desa Widoropayung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi nasrul watermark fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pencabutan hak atas tanah untuk kepentingan umum adalah suatu proses atau cara yang di tempuh untuk mengambil, menghapuskan dan memberikan hak atas suatu lahan tertentu atau tanah yang digunakan untuk kepentingan masyarakat banyak (umum). Dalam proses pencabutan hak atas tanah banyak proses yang dilakukan dan tidak bisa secara sembarangan, karena hal itu berkaitan dengan tanah yang oleh sebagian orang tertentu tanah di jadikan sebagai alat penimbun harta kekayaan dan juga sebagai tempat mencari penghidupan. Maka dari hal tersebut jika ingin melakukan pencabutan hak atas tanah harus sesuai dengan aturan dan harus juga jelas pencabutan hak atas tanah itu di dasari oleh kepentingan yang bagaimana. Adapun fokus penelitian dari skripsi ini adalah membahas tentang : 1). Bagaimana proses pencabutan hak atas tanah yang dilakukan di Desa Widoropayung untuk kepentingan pembukaan dan pelebaran jalan baru. 2). Bagaimana Konsep Al-Maslahah Al-Ammah jika diterapkan dalam Proses Pembangunan jalan Umum yang ada di Desa Widoropayung. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui bagaimana proses pencabutan hak atas tanah yang di lakukan di Desa Widoropayung. 2). Untuk mengetahui Bagaimana Konsep AlMaslahah Al-Ammah jika diterapkan di Desa Widoropayung. Penelitian ini adalah termasuk penelitian lapangan, sedangkan Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskfiptif kualitatif dan untuk menguji keabsahan data dari penelitian menggunakan Teknik Trianggulasi Data. Hasil dari penelitian ini adalah 1). Pembebasan hak atas tanah yang ada di desa widoropayung adalah dengan menggunakan sistem kegotong royongan yang diutamakan oleh Kepala Desa Widoropayung, hal itu bertujuan agar supaya dalam melakukan pengadaan tanah dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan dari pelaksanaan pengadaan tanah tersebut. 2). Sedangkan dalam pelaksanaan pencabutan hak atas tanah yang dilakukan di Desa tersebut tidak sesuai dengan konsep Al-Maslahah Al-Ammah karena masih terdapat salah satu warga yang merasa dirugikan walau akhirnya tetep merelakan hak atas tanahnya diambil untuk kepentingan pembangunan jalan tersebut.
Kata Kunci : Pencabutan Atas Tanah, Kepentingan Umum, Al-Maslahah Al-Ammah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Nashrullah Moch Nashrullah
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:03
Last Modified: 19 Jul 2022 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10633

Actions (login required)

View Item View Item