Hubungan antara efikasi diri dengan minat belajar peserta didik bina insan cendekia (BIC) di madrasah aliyah negeri 1 jember

Musyarrofah, Laila Anjumil (2022) Hubungan antara efikasi diri dengan minat belajar peserta didik bina insan cendekia (BIC) di madrasah aliyah negeri 1 jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laila Anjumil Musyarrofah_D20185009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Laila Anjumil Musyarrofah, 2022: Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Minat Belajar Peserta Didik Bina Insan Cendekia (BIC) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Minat Belajar, Peserta Didik.
Efikasi diri menurut Bandura merupakan keyakinan diri yang mendorong individu untuk belajar dengan mempengaruhi prestasi dan motivasi. Sedangkan Santrock mengatakan efikasi diri merupakan keyakinan individu dalam mengendalikan suatu keadaan sehingga tencapai hasil yang positif. Tidak hanya efikasi diri saja yang harus ditumbuhkan pada peserta didik akan tetapi minat belajar juga, karena dengan adanya minat dalam belajar ia akan lebih mudah menyerap ilmunya. Pada dasarnya minat belajar itu tidak berkembang dengan sendirinya melainkan harus dipupuk dan dipelihara oleh pendidik
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan minat belajar peserta didik Bina Insan Cendekia (BIC) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan minat belajar peserta didik Bina Insan Cendekia (BIC) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasi dan jenis penelitian survey research. Adapun teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan peserta didik BIC di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember memiliki kelompok efikasi diri terdapat 9 orang masuk dalam kelompok rendah, 54 orang dalam kelompok sedang, dan 10 orang dalam kelompok tinggi. Sedangkan kelompok minat belajar terdapat 11 orang yang masuk dalam kelompok rendah, 48 orang kelompok sedang, dan 14 orang dalam kelompok tinggi. Dan untuk hasil hipotesis yaitu skor Sig. 0.00 < 0.05 dan nilai pearson correlation sebesar 0.699, dapat dinyatakan bahwa adanya hubungan signifikan antara efikasi diri dengan minat belajar yang masuk dalam kategori korelasi kuat dan bersifat positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Laila Anjumil Musyarrofah
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:04
Last Modified: 20 Jul 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10899

Actions (login required)

View Item View Item