Pelaksanaan Curriculum Development di Ma'had Aly Pondok Pesantren Nurul Qarnain Baletbaru Sukowono Jember

Ali Ridlo, Muchammad Fadllin (2022) Pelaksanaan Curriculum Development di Ma'had Aly Pondok Pesantren Nurul Qarnain Baletbaru Sukowono Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muchammad Fadllin Ali Ridlo_0849319063.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Pelaksanaan, Curriculum Development, Ma’had Aly

Ma’had Aly merupakan pendidikan yang fokus pengajarannya
mempelajari dan mendalami ilmu-ilmu agama dalam rangka pengkaderan generasi muslim yang fakih dalam ilmu-ilmu alat dan agama. Dalam proses, implementasi maupun pada tataran evaluasi pengajarannya, Ma’had Aly mengoptimalkan semua aspek yang harus dikembangkan oleh setiap peseta didik, yaitu aspek kognutif, afektif, dan psikomotorik. Lingkungan sengaja dibuat dan didesain untuk membentuk, menguatkan, ataupun memperbaiki secara terus menerus karakter, cinta ilmu, termasuk tafaqquh fiddin. Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember merupakan salah satu di antara Ma’had Aly yang cukup berhasil dalam pengembangan kurikulum untuk meningkatkan ketiga aspek di atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan kurikulum yang berkaitan dengan empat komponennya, yaitu: tujuan, materi, metode dan evaluasi kurikulum Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dan member check.
Penelitian ini menemukan hasil, yaitu: (1) Kurikulum Ma’had Aly Nurul Qarnain disusun dan dikembangkan dengan tujuan sebagai lembaga untuk mencetak pakar fikih yang mampu mengintegrasikan khazanah pesantren sebagai ciri khas Islam nusantara dan keilmuan modern khas perguruan tinggi dengan
Program Studi Fikih dan Ushul Fikih berlandaskan bahan ajar kitab-kitab kuning (turats) karya ulama salaf maupun modern. (2) Materi kurikulum di Ma’had Aly Nurul Qarnain merupakan gabungan antara kurikulum perguruan tinggi dan kurikulum pesantren yang terbagi menjadi lima kategori; materi dasar (al-mawad al-asasiyah), materi pokok (al-mawad al-ushuliyah), dan materi pendukung (almawad al-musa’idah), materi kuliah praktikum dan materi kuliah mandiri. (3) Kurikulum Ma’had Aly Nurul Qarnain disusun dan diorganisasikan dengan menggunakan pendekatan sekuens kausalitas, sekuens hierarki dan sekuens
struktural dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan tingkat semester. (4) Evaluasi kurikulum peserta didik dilaksanakan melalui peroses belajar mengajar, seperti ujian tertulis, hafalan, ujian lisan, maupun praktik. Evaluasi
pengurus maupun pengajar melalui sidang kuartal hingga pengambilan keputusan di dalam evaluasi dilakukan dengan cara musyawarah mufakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muchammad Fadllin Ali Ridlo
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:50
Last Modified: 21 Jul 2022 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10907

Actions (login required)

View Item View Item