Pengelolaan Wisata Religi Makam Dalam Syiar Nilai-Nilai Dakwah Habib Sholeh Tanggul Kabupaten Jember

Muzammil, Ahmad (2022) Pengelolaan Wisata Religi Makam Dalam Syiar Nilai-Nilai Dakwah Habib Sholeh Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Uin KH Achmad Siddik Jember.

[img] Text
MUZAMMIL WATERMARK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengelolaan Wisata Religi Makam, Syiar Nilai-nilai Dakwah

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang antusias datang berziaroh ke makam Habib Sholeh bin Muhksin Al-Hamid Tanggul Jember. Meskipun dikota jember sudah mempunyai beberapa wisata religi, namun tetap begitu banyak masyarakata yang hadir untuk berziarah ke makam Habib Sholeh bin Muhksin Al-Hamid Tanggul Jember. Dikarnakan adanya beberapa hal yang menjadi masyarakat tertarik buat datang dan berziarah, Hal ini menimbulkan banyak hal positif sperti halnya berziarah untuk lebih mendekatkan dir kepada Allah SWT.
Fokus Penelitian yang yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiamana Pengelolaan Wisata Religi Makam Habib Sholeh Tanggul Jember.? 2) Bagaimana Nilai-Nilai Dakwah Habib Sholeh Tanggul Jember.?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan menegnai pengelolaan Wisata Religi di Makam Habib Sholleh bin Muhksin Al-Hamid Tanggul Jember. 2) Mendeskripsikan Nilai-nilai dakwah yang ada di wisata religi makam Habib Sholeh bin Muhksin Al-Hamid Tanggul Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif, penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggukana observasi, wawancara dan observasi, keabsahan data pada penelitian ini terdapat dua macam yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) pegelolaan wisata religi makam Habib Sholeh bin Muhksin Al-Hamid Tanggul Jember dikeloala pihak Swasta tetapi secara umum sistem pengelolaan sudah menerapakna fungsi-fungsi manajemen pengeloalan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan sehingga dengan pengelolaan yang profesional para pengunjung dan jamaah-jamaah yang hadir dapat beribadah dengan tenang dan nyaman, dan beberapa faktor pendukung dan penghambat yang ada di makam pengelolaan wisata religi makam Habib Sholleh bin Muhksin Al-Hamid Tanggul Jember. 2) syiar nilai-nilai dakwah yang ada di pengelolaan wisata religi Habib Sholeh bin Muhksin Al-Hamid Tanggul Jember seperti kegiatan-kegiatan yang ada di mesjid Habib Sholeh bin Muhksin Al-Hamid Tanggul Jember yang menarik para masyarakat untuk hadir dan mengikuti acara tersbut sperti kegiatan yang sudah ada yaitu kegiatan harian kajian dari Habib Muhdhor, kegiatan mingguan Istighosah malam Jumat stelah sholat magrib bersama habib Muhdor, kegiatan bulanan istighosah bersama setiap malam Jumat Legi ( jumat manis ),dan kegiatan tahuanan sperti Haul Habib Sholeh bin Mukhsin Al-Hamid Tanggul Jember.
Dan beberapa kegiatan-kegiatan lainnya yang tanpa tersetruktur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mr Ahmad Muzammil
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:18
Last Modified: 20 Jul 2022 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10919

Actions (login required)

View Item View Item