HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM DENGAN PENYELESAIAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERIKIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Muwafiqi, Erny Fitroh Nabila (2022) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM DENGAN PENYELESAIAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERIKIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi-Erny Fitroh Nabila M-Pi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Erny Fitroh Nabila Muwafiqi, 2022: Hubungan Kepercayaan Diri Mahasiswa Psikologi Islam Dengan Penyelesaian Skripsi Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Mahasiswa Psikologi Islam, Penyelesaian Skripsi.
Proses penyusunan proposal skripsi maupun skripsi tentu banyak menguras tenaga, waktu, dan biaya bahkan tidak jarang yang juga menguras emosi sehingga mahasiswa merasa cemas dan memungkinkan akan timbul rasa malas, gelisah yang berujung pada kebingunan dalam mencari referensi lain dan besar kemungkinan pada semester delapan masih berada pada tahap penulisan proposal skripsi. untuk dapat melewati rasa cemas tersebut diperlukan adanya kepercayaan diri yang tinggi agar dapat mendorong individu untuk selalu bersemangat dalam mengerjakan tugas akhir skripsi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan kepercayaan diri mahasiswa Psikologi Islam dengan penyelesaian skripsi di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui hubungan kepercayaan diri mahasiswa Psikologi Islam tingkat akhir dengan penyelesaian skripsi di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian sebanyak 63 mahasiswa sehingga seluruh populasi dijadikan sampel karena sampel dibawah 100 atau disebut dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sensus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan angket/ kuesioner yang di dalamnya berisi skala kepercayaan diri dan skala penyelesaian skripsi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment pearson.
Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan penyelesaian skripsi dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai korelasi sebesar 0,743 yang memiliki arti bahwa semakin tinggi kepercayaan diri mahasiswa Psikologi Islam, maka semakin tinggi pula penyelesaian skripsi. Maka H_a diterima dan H_0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Erny Muwafiqi
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:35
Last Modified: 19 Jul 2022 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10950

Actions (login required)

View Item View Item