MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMPROMOSIKAN MADRASAH TSANAWIYAH KHOLID BIN WALID DUKUHMENCEK SUKORAMBI JEMBER

Soleh, Abdurahman (2022) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMPROMOSIKAN MADRASAH TSANAWIYAH KHOLID BIN WALID DUKUHMENCEK SUKORAMBI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABDUH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abdurahman Soleh, 2022, Strategi Kepala Madrasah dalam Mempromosikan
Madrasah Tsanawiyah Kholid Bin Walid Dukuhmencek Sukorambi
Jember, skripsi, Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
Jember.
Kata Kunci :Manajemen strategi Promosi Madrasah.
Sebuah madrasah harus berupaya mengembangkan visi, tujuan dan sasaran
yang telah dibuat ke dalam upaya-upaya untuk mencapai visi, misi, tujuan dan
sasaran tersebut. Oleh karena itu kepala madrasah harus melakukan manajemen
strategi promosi agar madrasah lebih dikenal dan lebih maju, termasuk di MTs
Kholid bin Walid.
Adapun fokus penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana perumusan strategi yang
dilakukan kepala Madrasah dalam mempromosikan MTs Kholid Bin Walid
Dukuhmencek Sukorambi Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi yang
dilakukan kepala Madrasah dalam mempromosikan MTs Kholid Bin Walid
Dukuhmencek Sukorambi Jember? 3) Bagaimana evaluasi strategi yang dilakukan
kepala Madrasah dalam mempromosikan MTs Kholid Bin Walid Dukuhmencek
Sukorambi Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan perumusan strategi
yang dilakukan kepala Madrasah dalam mempromosikan MTs Kholid Bin Walid
Dukuhmencek Sukorambi Jember? 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan
strategi yang dilakukan kepala Madrasah dalam mempromosikan MTs Kholid
Bin Walid Dukuhmencek Sukorambi Jember? 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi
strategi yang dilakukan kepala Madrasah dalam mempromosikan MTs Kholid
Bin Walid Dukuhmencek Sukorambi Jember?
Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif.
Pencarian data dan sumber data menggunakan Purposive Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dann dokumentasi.
Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yaitu: pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan: tahap perencanaan promosi seperti
dengan membentuk tim promosi, mengatur strategi yang akan digunakan,
mempersiapkan bahan promosi seperti program yang menarik, teknik dan media,
tahap pelaksanaan promosi, seperti sosialisasi dan penyebaran brosur pada SD/ MI
sekitar madrasah, pemasangan spanduk di tempat yang strategis dengan bekerja
sama dengan masyarakat sekitar, penyebaran pamflet di facebook, WA dan yang
terakhir evaluasi, dalam mempromosikan madrasah tentu pada tahap akhir
dilakukan evaluasi, apakah tercapai atau tidaknya tujuan dengan promosi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Abdurahman Abduh Sholeh
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:45
Last Modified: 20 Jul 2022 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10957

Actions (login required)

View Item View Item