Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua dengan Hasil Belajar Anak di Tengah Pandemi Covid-19 Di SDN Jubung Sukorambi Jember

Farihatin, Rivi Fiqi (2022) Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua dengan Hasil Belajar Anak di Tengah Pandemi Covid-19 Di SDN Jubung Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
RIVI FIQI FARIHATIN_D20173019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bimbingan Belajar adalah bimbingan yang diberikan pada individu untuk bisa mengatasi masalah yang dihadapinya dalam belajar, agar setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar mereka bisa mencapai hasil belajar yang optimal. Bimbingan belajar orang tua adalah proses bantuan yang diberikan orang tua kepada anak saat menerima kesulitan dalam belajar sehingga mendapatkan hasil yang baik. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri siswa, yang dapat diamati dalam bentuk perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang umumnya dinyatakan dalam bentuk angka, huruf serta sebagainya. Pandemi covid-19 adalah peristiwa menyebarnya virus corona yang menyerang secara serempak di berbagai negara. Pandemi juga berdampak pada berbagai aspek termasuk pendidikan di Indonesia.

Rumusan masalah ini adalah apa ada hubungan bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar anak ditengah pandemi covid-19 di SD Jubung? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar anak di tengah pandemic covid-19 di SD Jubung.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, skala, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 dan 5 di SDN Jubung 01 dan SDN Jubung 02 dan sampel penelitian sebanyak 76 siswa. Data dalam penelitian ini menggunakan skala bimbingan belajar orang tua dan nilai rapot siswa.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan ada hubungan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar anak di tengah pandemic covid 19 di SD Jubung Sukorambi Jember dikarenakan nilai sig < 0,05 yaitu 0,041 < 0,05 dengan korelasi koefisien yaitu sebesar 0,235 adalah kategori korelasi lemah.
Kata Kunci: Bimbingan Belajar Orang Tua, Hasil Belajar, Pandemi Covid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Farihatin Rivi Fiqi
Date Deposited: 22 Jul 2022 06:46
Last Modified: 22 Jul 2022 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item View Item