IMPLEMENTASI DAKWAH TAKMIR MASJID CHENGHO DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEISLAMAN BAGI MUALLAF KABUPATEN JEMBER

SOLIHIN, MOH AANG (2022) IMPLEMENTASI DAKWAH TAKMIR MASJID CHENGHO DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEISLAMAN BAGI MUALLAF KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MOH AANG SOLIHIN D20151011.pdf

Download (7MB)

Abstract

MOH.AANGSOLIHIN, 2022 : IMPLEMENTASI DAKWAH DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEISLAMAN BAGI MUALLAF DI MASJID CHENGHO KABUPATEN JEMBER

Dalam islam dianjurkan manusia untuk berdakwah, dakwah tidak memandang tempat dan waktu dalam artian dimanapun manusia sendiri berada dan kapanpun. Dalam menyampaikan dakwah ada banyak cara seperti dakwah bil hal, dakwah bil qolam dan bil lisan.
Dakwah secara bahasa berasal dari kata arab yakni (fiil madhi ) yang berarti memanggil, menamakan mengundang, menyeru, mengajak, mendoakan yang didalam nya terkadang terkandung unsur menyampaikan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui bagaimana bentuk kegiatan dakwah yang dilakukan dalam pembinaan aqidah mualaf. (2)untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan dalam membina aqidah muallaf.
Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif. Adapun lokasi yang dijadikan tempat penelitian adalah di Masjid Chengho Jember.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Remaja Masjid Chengho miliki kedudukan dan peran yang strategis dalam rangka memberdayakan masyarakat khususnya muallaf. Hal ini dapat dilihat dari berberapa perannya, antara lain: adanya kegiatan harian , kajian muallah center seperti: NGOPI, diskusi dan nasehat-nasehat.(2) Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Takmir Masjid chengho. Faktor pendung bagi Masjid Chengho dalah adanya fasilitas yang dapat menunjang keberhasilan kegiatan, Faktor penghambat dalam hal ini adalah kurangnya dukungan dari keluarga serta pindahnya agama karna penikahan.

Kata kunci : Dakwah, Muallaf

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: MOH AANG SOLIHIN
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:14
Last Modified: 27 Jul 2022 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11330

Actions (login required)

View Item View Item