Strategi Menumbuhkan Kepercayaan Muzakki dalam Berzakat di LAZISNU Cabang Jember

Feby Pratista, Ardinie (2022) Strategi Menumbuhkan Kepercayaan Muzakki dalam Berzakat di LAZISNU Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Feby Pratista Ardinie_D20184021.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Feby Pratista Ardinie, 2022: Strategi Menumbuhkan Kepercayaan Muzakki dalam Berzakat di LAZISNU Cabang Jember.
Kata Kunci: Strategi, Zakat, Kepercayaan, Muzakki.
Zakat adalah salah satu bentuk ibadah amaliyah ijtima'iyyah, yang memiliki tempat sangat penting, strategis, sebagai pembangunan kesejahteraan rakyat. Dalam pelaksanaannya, zakat merupakan kewajiban sosial aghniya' (orang kaya) setelah kekayaannya mencapai minimum (nishab) dan rentang waktu setahun (haul). Maka dari itu, terdapat beberapa faktor guna menumbuhkan kepercayaan muzakki agar menyalurkan zakatnya ke lembaga yang amanah dan akuntabel, yakni LAZISNU Cabang Jember.
Fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi menumbuhkan kepercayaan muzakki dalam berzakat di LAZISNU Cabang Jember? 2) Bagaimana pengelolaan dan perolehan dana zakat, infaq dan shodaqoh LAZISNU Cabang Jember?.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam menumbuhkan kepercayaan muzakki dalam membayar zakat di LAZISNU Cabang Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pengelolaan dan perolehan dana zakat, infaq, dan shodaqoh di LAZISNU Cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data yaitu menggali kebenaran informasi tertentu dengan menggunakan berbagai sumber data seperti dokumen, hasil wawancara, hasil observasi atau juga dengan mewawancarai lebih dari satu subjek yang dianggap memiliki sudut pandang yang berbeda.
Berdasarkan hasil dari penelitian di LAZISNU Cabang Jember dan analisis yang telah peneliti lakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan dalam menumbuhkan kepercayaan muzakki dalam membayar zakat yaitu: Religiusitas atau pemahaman, Profesionalitas, Transparansi, Akuntabilitas, Kredibilitas. LAZISNU Cabang Jember dalam pengelolaannya , pertama adalah langkah satuan kerja yang baik, mencetak panitia zakat. Kedua, adanya sosialisasi menjelang bakal muzakki. Ketiga, yaitu merekrut anggota bakal muzakki yang sesuai dengan tolak ukur syari’at Islam yakni muslim, merdeka, dan mampu yang merupakan tiga syarat pokok menjadi muzakki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160807 Sociological Methodology and Research Methods
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Depositing User: pratista Ardinie
Date Deposited: 28 Jul 2022 00:13
Last Modified: 28 Jul 2022 00:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item