Implementasi Pelayanan E-government Melalui Penerapan Program Smart Kampung Menurut Peraturan Bupati No.18 Tahun 2016 (Studi Kasus di Desa Pakistaji Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi)

Humairoh, Emy (2022) Implementasi Pelayanan E-government Melalui Penerapan Program Smart Kampung Menurut Peraturan Bupati No.18 Tahun 2016 (Studi Kasus di Desa Pakistaji Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EMY HUMAIROH watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Emy Humairoh, 2022 : Implementasi Pelayanan E-Government Melalui Penerapan Program Smart kampung Menurut Peraturan Bupati No. 18 tahun 2016 studi Desa Pakistaji Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi

Kata Kunci : Implementasi, Pelayanan Publik, Smart Kampung

Program kerja pemerintah kab. Banyuwangi yakni layanan publik yang terdapat dalam Perbup N0. 18/2016 di sebutkan, smart kampong merupakan konsep pengembangan rakyat pada komunitas untuk melaksanakan suatu hal dengan cermat, cerdik, serta bijaksana pada menanggulangi banyak sekali persoalan. E-Government diartikan menjadi prosedur hubungan terkini antara pemerintah dengan rakyat yang melibatkan penggunaan teknologi untuk memperbaiki mutu pelayanan. Dibidang pelayanan, pemangkasan alur pengurusan surat-menyurat yang sebelumnya harus diurus hingga ke tingkat kabupaten, kini dapat diringkas hanya sampai tingkat desa melalui pemanfaatan teknologi informasi.
Fokus penelitian pada skripsi ini ialah : 1) Bagaimana implementasi pelayanan e-government melalui penerapan Program Smart Kampung menurut Peraturan Bupati No.18 tahun 2016 Di Desa Pakistaji, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi? 2) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam program Smart Kampung di Desa Pakistaji, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi?. Skripsi ini mempunyai tujuan yakni, guna melihat serta menganalisis Implementasi pelayanan e-government melalui penerapan program smart kampung menurut Peraturan Bupati No. 18 tahun 2016, dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi pelayanan e-government dalam program smart kampung menurut Peraturan Bupati No. 18 tahun 2016 di Desa Pakistaji Kec. Kabat, Kab. Banyuwangi.
Metode Penelitian pada Skripsi ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif berupa studi kasus dan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni : observasi, wawancara dan dokumentasi. Mempunyai hasil, yakni : bentuk pengimplementasian Peraturan Bupati No. 18 tahun 2016 di Desa Pakistaji, Kec. Kabat, Kab. Banyuwangi sudah terlaksanakan berdasarkan aturan yang ada.
Bisa diambil kesimpulan yakni Adanya smart kampung memberikan perubahan pada sistem pelayanan publik di Kabupaten Banyuwangi yaitu masyarakat dimudahkan dalam kepengurusan surat-surat dan tidak membutuhkan waktu lama dalam pelayanan publik dan semuanya bisa diselesaikan di kantor desa.faktor pendukung pelayanan dalam program smart kampung yaitu SDM yang dimiliki harus memiliki kualitas maupun kuantitasnya harus seimbang. Sumber daya manusia merupakan faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan dari suatu program.. Peneliti tidak menemukan kekurangan jumlah SDM pada aparat desa sebagai pelaksana program tersebut sehingga dapat dikatakan semua berjalan sesuai dengan porsinya masing-masing dan semua bertanggung jawab atas pekerjaanya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Emy Humairoh
Date Deposited: 30 Jul 2022 04:24
Last Modified: 30 Jul 2022 04:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11693

Actions (login required)

View Item View Item