Analisis Strategi Fungsional Pada Pengelolaan Bank Sampah Kenari Indah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo.

AZ ZAHRAH, SALMA (2021) Analisis Strategi Fungsional Pada Pengelolaan Bank Sampah Kenari Indah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SALMA AZ ZAHRAH_E20172168.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Analisis strategi fungsional pada pengelolaan bank sampah Kenari Indah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo sangat penting untuk dilakukannya penelitian karena bank sampah Kenari Indah merupakan bank sampah yang sangat aktif dan perkembangannya cukup pesat. Strategi fungsional adalah tingkatan strategi yang terdapat di dalam manajemen strategi. Strategi fungsional itu sendiri digunakan pada level fungsional seperti produksi, pemasaran, keuangan, penelitian dan pengembangan, dan sumber daya manusia. Seperti halnya pada bank sampah Kenari Indah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo ini pasti memiliki strategi fungsional yang berbeda dengan bank sampah yang lainnya sehingga tetap berdiri hingga saat ini dan dikenal oleh banyak masyarakat. Focus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi fungsional yang diterapkan oleh bank sampah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo? 2) Bagaimana keadaan perekonomian nasabah sesudah adanya bank sampah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo? 3) Bagaima keadaan perekonomian nasabah sebelum adanya bank sampah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis strategi fungsional yang diterapkan oleh bank sampah Kenari Indah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. 2) Untuk mengetahui keadaan nasabah setelah berjalannya bank sampah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. 3) Untuk mengetahui keadaan nasabah sebelum adanya bank sampah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menganalisis strategi fungsional pada pengelolaan bank sampah Kenari Indah di Jalan Bengawan Solo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penerapan strategi fungsional pada pengelolaan bank sampah Kenari Indah baik dan optimal. Sehingga bank sampah ini dapat berjalan dengan baik dan semakin berkembang. Dikatakan demikian karena bank sampah kenari indah ini sudah dicukup dikenal masyarakat luas terlebih di Kota Probolinggo dan sekitar lokasi. 2) Keadaan perekonomian nasabah setelah berjalannya bank sampah sangat membaik karena bisa membantu perekonomian nasabah. 3) Keadaan perekonomian sebelum adanya bank sampah, mereka harus mengeluarkan biaya upah tenaga gerobak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:18
Last Modified: 15 Aug 2022 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12255

Actions (login required)

View Item View Item