Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember.

Ardianti, Anita Dwi (2021) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anita Dwi Ardianti_T20178064.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa ada faktor internal yang meliputi: kecerdasan, jasmaniah, sikap, minat, bakat dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal meliputi: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Dapat diketahui untuk faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar salah satunya adalah motivasi belajar, sedangkan dalam faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar salah satunya adalah lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember. 2) Mendeskripsikan lingkungan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember. 3) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember. 4) Mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember. 5) Mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal yang dilakukan di SMA Negeri Rambipuji Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 144 siswa. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin diperoleh 106 siswa, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diambil sebanyak tiga kelas dengan jumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 8%, kategori tinggi sebesar 71% dan kategori sedang sebesar 21%. 2) Lingkungan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 11%, kategori tinggi sebesar 80% dan kategori sedang sebesar 9%. 3) Prestasi belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 66% dan kategori tinggi sebesar 34%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan lingkungan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:17
Last Modified: 16 Aug 2022 02:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12276

Actions (login required)

View Item View Item