OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA(BRI) KANTOR CABANG JEMBER

Wahyuni, Elfin Sri (2022) OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA(BRI) KANTOR CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Elfin Sri Wahyuni_E20181113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perbankan memegang peranan yang sangat penting di era globalisasi saat
ini dalam memajukan perekonomian nasional. Hampir setiap sektor yang terlibat dalam transaksi keuangan sangat membutuhkan jasa bank baik pihak swasta, institusi atau perusahaan sehingga tidak dapat dipisahkan dari dunia perbankan.
Fokus penelitian yakni: 1. Bagaimana penerapan optimalisasi customer
relationship management dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada Bank
Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember? 2. Apa saja faktor pendukung
dan penghambat penerapan customer relationship management dalam
meningkatkan loyalitas nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor
Cabang Jember? Tujuan penelitian skripsi yakni: 1. Untuk mengetahui penerapan optimalisasi customer relationship management dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Jember. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung penghambat customer relationship management dalam meningkatkan loyalitas pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor CabangJember.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis field research.
Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan reduction, display dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data dengan triangulasi sumber.
Maka penarikan kesimpulan penelitian dalam skripsi yakni: 1. Bahwa optimalisasi customer relationship management Pada Bank Rakyat Indonesia
Kantor Cabang Jember telah diterapkan secara maksimal dalam menjalin
hubungan dengan pelanggan melalui manusia, proses, teknologi serta program pemasaran berkelanjutan, pemasaran individual dan hubungan kemitraan. 2. Faktor pendukung yakni adanya komitmen yang kuat dari manajemen atas, adanya keterlibatan pelanggan, dan penciptaan nilai pelanggan, sedangkan faktor penghambat yakni adanya miss communication, ketidakpuasaan pelanggan terhadap layanan, serta menculnya pesaing bisnis.
Kata Kunci: Optimalisasi; Customer Relationship Management; Loyalitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Depositing User: Mrs Elfin Sri Wahyuni Elfin
Date Deposited: 07 Sep 2022 09:12
Last Modified: 07 Sep 2022 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12947

Actions (login required)

View Item View Item