Strategi Dakwah Majelis Dzikir dan Sholawat El Muhibbin dalam Menyebarkan Pesan Dakwah melalui Kesenian Hadroh pada Masyarakat Kelurahan Baratan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

Kurniansyah, Abdul Fatah Andre Rafi (2022) Strategi Dakwah Majelis Dzikir dan Sholawat El Muhibbin dalam Menyebarkan Pesan Dakwah melalui Kesenian Hadroh pada Masyarakat Kelurahan Baratan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Abdul fatah Andre Rafi Kurniansyah_D20171033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dakwah Merupakan proses penyampaian nilai-nilai islam yang ingin terjadinya perubahan pada diri individu, kelompok atau masyarakat yang menjadi sasaran dakwah. Kata dakwah sendiri seringkali dipandang sebagai sebuah kegiatan yang didalamnya berisi penyampaian pesan pesan nilai keagamaan dengan menggunakan metode ceramah. Ada dua hal yang perlu kita perhatikan. Dalam hal ini yaitu strategi merupakan rencana tindakan dalam (Rangkaian kegiatan dakwah) termasuk menggunakan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya ataupun kekuatan. Dalam pembahasan kali ini penulis mengkaitkan dua Variable, yakni antara Strategi Dakwah dan Kesenian
Berdasrkan pemaparan diatas maka foku penelitian ini adalah, yang Pertama, Untuk mengetahui apa saja pesan dakwah yang terkandung dalam kesenian hadroh yang dilakukan oleh Majelis Dzikir dan Sholawat ElMuhibbin, Kedua. Untuk mengetahui bagaimana tekhnis penyampaian pesan dakwah yang dilakukan oleh Majelis Dzikir dan Sholawat ElMuhibbin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam kesenian hadroh yang diguakan oleh Majelis Dzikir dan Sholawat ElMuhibbin.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode kualitatif dapat digunakan untuk memperoleh data deskriptif (Menggambarakan) berdasarkan pengamatan apapun, baik pengakuan ata tulisan dari subjek/Narasumber. Lexy J. Moelong, Bodgan dan Taylor menjelaskan bahwa metodologi penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang orang dan perilaku yang dapat diamati. Menurut mereka secara holistic (Utuh). Jadi dalam hal ini tidak boleh mengisolasikan indisvidu atau organisasi kedalam variable atau hipotesis. Akan tetapi perlu memandangnya sebagai bagian dari suatu keutuhan.
Berdasarkan hasil Analisa dilapangan serta observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : Pertama. Pesan dakwah yang terkandung dalam kesenian hadoh yaitu Sholawat Kepada Nabi Muhammad SAW dan bacaan ayat suci Al-Qur’an. Kedua. Tekhnik penyampaian pesan dakwah yang dipakai oleh majelis Dzikir dan Sholawat ElMuhibbin adalah Metode ceramah, diskusi / Tanya jawab tentang keislmana dan pembacaan Sholawat nabi yang diiringi oleh alat music islam tradisional (Hadrah).
Kata Kunci : Strategi Dakwah dan Kesenian Hadroh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Abdul Fatah Andre Rafi Kurniansyah
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:23
Last Modified: 28 Sep 2022 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13325

Actions (login required)

View Item View Item