Perilaku Pengguna Tik Tok Berkonten Dakwah Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

umi latifatun nihayah, umi latifah (2022) Perilaku Pengguna Tik Tok Berkonten Dakwah Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
tesis watermax convert.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.UIN KH Achmad Siddiq Jember.com

Abstract

Nihayah, Umi Latifatun. 2022. PERILAKU PENGGUNA TIK TOK BERKONTEN DAKWAH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Tesis. Progam Studi Studi Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq. Pembimbing I: Dr. Fawaizul Umam, M.Ag. Pembimbing II: Dr. H. Imam Bonjol Juhari, M.Si.
Kata Kunci: Perilaku, Pengguna, Tik Tok, Dakwah.
Dalam usaha mengembangkan media sosial Tik Tok berkonten dakwah membentuk perilaku mahasiswa UIN KHAS Jember. Pembentukan tersebut terlihat ketika mahasiwa mengembangkan kreatifitasnya mengunggah konten dakwah pada media sosial Tik Tok yang sedang populer saat ini. Adapun penelitian ini untuk mengetahui perilaku pengguna Tik Tok berkonten dakwah pada mahasiswa UIN KHAS Jember. Sehingga penelitian ini dapat difokuskan dengan dua hal; 1) Bagaimana faktor-faktor perilaku pengguna Tik Tok berkonten dakwah pada mahasiswa UIN KHAS Jember?, 2) Bagaimana pandangan mahasiswa UIN KHAS Jember pengguna Tik Tok berkonten dakwah terhadap penggunaan aplikasi tersebut sebagai media dakwah?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan; observasi partisipan, interview, dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti; reduksi data, penyajian data, kesimpulan data. Keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi.

Hasil dari penelitian didapatkan bahwa 1) perilaku Mahasiswa UIN KHAS Jember merasakan adanya pembentukan perilaku terhadap pengunggahan konten dakwah di media sosial Tik Tok yang mencakup pada aspek spiritual;, bertambahnya keimanan. Pengetahuan; bertambahnya wawasan keagamaan. Sikap; termotivasi untuk menjadi lebih baik dalam membenahi diri. Sosial; bertambahnya relasi. Pendukung; Hp android, tripod, ring light, buku-buku kajian, kitab-kitab dan hadits-hadits. Penguat; diri sendiri, teman, dan seleb Tik Tok. 2) Terkait pandangan mahasiswa UIN KHAS Jember pengguna Tik Tok berkonten dakwah terhadap penggunaan aplikasi tersebut sebagai media dakwah yang menyatakan bahwa; Media ini menarik sebagai sarana dakwah karena singkat sehingga meminimalisir rasa bosan penonton, media ini efektif karena lebih populer digunakan saat ini untuk mendukung perkembangan pengetahuan masyarakat tentang Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220103 Ethical Use of New Technology (e.g. Nanotechnology, Biotechnology)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Umi Latifatun Nihayah
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:11
Last Modified: 12 Oct 2022 01:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13504

Actions (login required)

View Item View Item