Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2000. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian PendekHubungan Kompetensi Guru dan Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 JemberTahunPelajaran 2018/2019.atan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006. Dermawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016. Djamarah, Syaiful Bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Dkk, Meinbach. The Complete Guide to Thematic Units: Creating Integrated Curriculum. Norwood: Gordon Publisher, 1995. Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2010. Jember, IAIN. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember, 2018. Lutfianah. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD se Kota Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2013. Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017. Mudjiono, Dimyati dan. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2011. Mulyasa, E. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013. Purwanto. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015. Rusman. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta, 2012. ———. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012. Saribumi, Sutan, dkk. Meningkatkan Kesadaran Guru Untuk Berupaya Melaksanakan Inovasi Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah VOL XI. Jakarta: LPPM dan Pprodi Ilmu Administrasi Bisnis STIAMI, 2016. Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003.

LAM, AH (2019) Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2000. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian PendekHubungan Kompetensi Guru dan Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 JemberTahunPelajaran 2018/2019.atan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006. Dermawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016. Djamarah, Syaiful Bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Dkk, Meinbach. The Complete Guide to Thematic Units: Creating Integrated Curriculum. Norwood: Gordon Publisher, 1995. Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2010. Jember, IAIN. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember, 2018. Lutfianah. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD se Kota Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2013. Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017. Mudjiono, Dimyati dan. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2011. Mulyasa, E. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013. Purwanto. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015. Rusman. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta, 2012. ———. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012. Saribumi, Sutan, dkk. Meningkatkan Kesadaran Guru Untuk Berupaya Melaksanakan Inovasi Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah VOL XI. Jakarta: LPPM dan Pprodi Ilmu Administrasi Bisnis STIAMI, 2016. Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
AHLAM_T20154016.pdf - Submitted Version

Download (30MB)

Abstract

Pembelajaran yang mendidik dan menyenagkan berawal dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi yang matang dibuat oleh guru dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik selama proses pembelajaran sebagai tolak ukur kompetensi yang telah dicapai peserta didik. Sehubungan dengan proses pembelajaran, pembelajaran tematik kurikulum 2013 bukan hal baru bagi guru SD/MI, Guru dengan kompetensinya diharapkan mampu mengelola pembelajaran dengan baik khususnya pembelajaran tematik sehingga pembelajaran menjadi bermakna sehingga hasil belajar siswa meningkat dengan kedua unsur ini. Maka kedua unsur inilah yang menjadi pijakan sebagai dasar yang baik untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui hubungan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019, 2) Mengetahui hubungan antara pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019, 3) Mengetahui hubungan antara kompetensi guru dan pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket, Analisis data yang digunakan adalah regresi ganda (ANOVA) dengan uji pra syarat uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang positif antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 2,277 > 2,074). Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, 2) ada hubungan yang positif antara pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 2,855 > 2,074 Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, 3) ada hubungan yang positif antara kompetensi guru dan pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 5.169 > 3.44 pada taraf 5%, sehinggaH0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:01
Last Modified: 14 Oct 2022 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13701

Actions (login required)

View Item View Item