Pengaruh Standar Proses Akreditasi Terhadap Kinerja Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019.

AL ATEF, MOH. NUWAF (2020) Pengaruh Standar Proses Akreditasi Terhadap Kinerja Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MOH. NUWAF AL ATEF_084 144 071.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Salah satu upaya penting untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di madrasah melalui kegiatan akreditasi sekolah/madrasah. Melalui akreditasi inilah diharapkan kinerja guru dapat ditingkatkan kualitas kinerjanya, baik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini membahas salah satu standar dalam akreditasi, yaitu standar proses akrditasi yang kaintannya dengan kinerja guru. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh standar proses akreditasi terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam perencanaan pembelajaran se-Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019. 2) Adakah pengaruh standar proses akreditasi terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam pelaksanaan pembelajaran se-Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019. 3) Adakah pengaruh standar proses akreditasi terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam penilaian pembelajaran se-Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019. Adapun tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh standar proses akreditasi terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtida’iyah di Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Tujuan Khusus terbagi menjadi tiga yaitu: 1) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh standar proses akreditasi terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtida’iyah dalam perencanaan pembelajaran di Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019, 2) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh standar proses akreditasi terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtida’iyah dalam pelaksanaan pembelajaran di Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019, 3) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh standar proses akreditasi terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtida’iyah dalam penilaian pembelajaran di Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis korelasi Product Moment, menganalisis pengaruh standar proses akreditasi terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtida’iyah di Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini secara umum adalah pengaruh positif yang rendah terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Kesimpulan khusus dibagi menjadi tiga yaitu: 1) Terdapat pengaruh positif yang sangat rendah terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam perencanaan pembelajaran Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019, 2) Terdapat pengaruh positif yang sangat rendah terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam pelaksanaan pembelajaran Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019, 3) Terdapat pengaruh positif yang sangat rendah terhadap kinerja guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam penilaian pembelajaran Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:05
Last Modified: 27 Oct 2022 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14119

Actions (login required)

View Item View Item