Pengaruh Packaging Design Product, Sales Promotion, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Emotional State sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Roxy Supermarket Jember (Studi Pada Mahasiswa UIN KH. Achmad Siddiq Jember)

Faradillah Sodik, Tiara Yumna Dini (2022) Pengaruh Packaging Design Product, Sales Promotion, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Emotional State sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Roxy Supermarket Jember (Studi Pada Mahasiswa UIN KH. Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tiara Yumna Dini Faradillah Sodik_E20182108.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tiara Yumna Dini Faradillah Sodik, 2022: Pengaruh Packaging Design Product, Sales Promotion, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Emotional State sebagai variabel intervening pada Konsumen Roxy Supermarket Jember. (Studi pada Mahasiswa UIN KH. Achmad Siddiq Jember). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

Era globalisasi yang semakin berkembang, salah satunya ditandai dengan perubahan pola belanja masyarakat yang mengalami pergeseran fungsi. Awalnya belanja untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun kini telah menjadi gaya hidup untuk memenuhi sisi emosionalnya. Hal ini dibuktikan dengan mulai bergesernya pasar tradisional oleh perkembangan bisnis ritel modern yang semakin pesat.

Rumusan masalah penelitian ini sesuai dengan fenomena yang terjadi pada latar belakang, yaitu pengaruh packaging design product (X1), sales promotion (X2), store atmosphere (X3) terhadap emotional state (Z) dan impulse buying (Y). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara parsial hubungan pengaruh variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif UIN KHAS Jember yang pernah berbelanja di Roxy Supermarket Jember dengan pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode accidental sampling sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dengan menggunakan metode analisis path analysis (analisis jalur). Pengujian hipotesis menggunakan uji T dan Uji Sobel dengan bantuan Software Statistical Package For Sciences (SPSS) versi 26 dan Sobel Test Calculator.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Packaging Design Product (X1), Sales Promotion (X2) dan Store Atmosphere (X3) berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Emotional State (Z). Packaging Design Product (X1), Sales Promotion (X2) dan Emotional State (Z) berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Impulse Buying (Y), namun Store Atmosphere (X3) tidak berpengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap Impulse Buying (Y). Sedangkan variabel mediasi yaitu Emotional State (Z) mampu memediasi hubungan pengaruh tidak langsung antara Packaging Design Product (X1) dan Store Atmosphere (X¬3) terhadap Impulse Buying (Y) secara signifikan, namun tidak dapat memediasi hubungan pengaruh tidak langsung antara Sales Promotion (X2) terhadap Impulse Buying (Y) secara tidak signifikan.

Kata Kunci: Packaging Design Product, Sales Promotion, Store Atmosphere, Emotional State, Impulse Buying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tiara Faradillah
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:03
Last Modified: 31 Oct 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item