Implementasi Pendekatan Problem Based Learning dalam Membentuk Karakter Siswa di SMAN Kalisat Tahun Pelajaran 2020/2021.

HIJRIN, SYURAYYAH (2021) Implementasi Pendekatan Problem Based Learning dalam Membentuk Karakter Siswa di SMAN Kalisat Tahun Pelajaran 2020/2021. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SYURAYYAH HIJRIN_0849318013.pdf - Submitted Version

Download (17MB)

Abstract

Literatur telah banyak menunjukkan tentang terpuruknya karakter bangsa seperti tawuran pelajar, sikap tidak jujur, sikap tidak mandiri, sikap tidak peduli dengan lingkungan dan lain-lain. Hal ini tentu saja membuat seorang pendidik harus dapat selalu mengajar nilainilai karakter dalam setiap pembelajaran dengan melalui problem based learning yang diberikan guru dalam setiap pembelajaran dapat membuat siswa menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan k ehidupan sehari-hari yang nantinya dikaitkan dengan pembentukan karakter siswa Pembentukan karakter tersebut dapat melalui pendekatan problem based learning Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi problem based learning dalam membentuk karakter tanggung jawab 2)Bagaimana implementasi problem based learning dalam membentuk karakter toleransi? 3) Bagaimana implementasi problem based learning dalam membentuk karakter mandiri? 4)Bagaimana implementasi problem based learning dalam membentuk karakter kepedulian lingkungan dan social. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menginvestigasi implementasi problem based learning dalam membentuk karakter tanggung jawab, 2) Menginvestigasi implementasi problem based learning dalam membentuk karakter toleransi, 3) Menginvestigasi implementasi problem based learning dalam membentuk karakter mandiri, 4) Menginvestigasi implementasi problem based learning dalam membentuk karakter kepedulian lingkungan dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitiannya studi kasus serta subyek penelitiannya yakni pendidik, kepala madrasah dan peserta didik SMAN Kalisat dengan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan mengggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif dengan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Implementasi pendekatan problem based learning dalam membentuk karakter tanggung jawab melalui kegiatan sholat berjamaah dan sholat jum’at bersama. 2) Implementasi pendekatan problem based learning dalam membentuk karakter toleransi dengan adanya program budaya toleransi umat beragama. 3) Implementasi pendekatan problem based learning dalam membentuk karakter mandiri dengan mengadakan program pembiasaan berupa kegiatan terprogram selama proses pembelajaran dan kegiatan secara tidak terprogram. 4) Implementasi pendekatan problem based learning dalam membentuk karakter kepedulian lingkungan dan sosial melalui program adiwiyata dan program peduli sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:03
Last Modified: 17 Nov 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item View Item