Supervisi Artistik Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Religius di SMAN 1 Jember

AMRULLOH, ABDUL KARIM (2020) Supervisi Artistik Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Religius di SMAN 1 Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ABDUL KARIM AMRULLOH_084 911 8041.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Supervisi artistik merupakan sebuah tindakan administratif yang memiliki makna dan dilaksanakn oleh kepala sekolah yang mana erat kaitanya dengan interaksi dengan orang sehingga perlu yang memerlukan namanya etika dan juga keindahan agar proses pekerjaan atau hubungan kerja menjadi lebih indah dan bisa berjalan selaras tanpa adanya perselisihan ataupun persetruan yang mengakibatkan perpecahan dengan maksud untuk secara langsung dapat tercapaianya tujuan pengajaran pokok sekolah, Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam proses supervisi, karena fungsi kepala sekolah sebagai seorang manager juga memilki peran sebagai supervisor. Penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaiman perencanaan supervisi artistik kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMA N 1 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi artistik kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMA N 1 Jember ? 3. Bagaimana evaluasi dan tindak lanjut supervisi artistik kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMA N 1 jember ? Tujuan penelitian ini adalah : 1.) Untuk mendeskripsikan perencanaan supervisi artistik kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMA N 1 Jember. 2.) Untuk mendeskripsikan implementasi supervisi artistik kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMA N 1 Jember. 3.) Untuk mendeskripsikan evaluasi dan tindak lanjut supervisi artistik kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMA N 1 Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dengan observasi semi partisipatif, wawancara semi terstruktur, dokumenter. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini: triangulasi, member check Hasil penelitian ini adalah : 1) Perencanaan Supervisi Artistik Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Religius di SMA N 1 Jember : Membentuk team pembantu kepala sekolah, Membentuk team piket harian, Pembinaan kepala sekolah seminggu sekali. 2) Pelaksanaan Supervisi Artistik Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Religius di SMA N 1 Jember : Penyambutan siswa sebelum masuk kelas, Do’a pagi dan menyanyikan lagu indonesia raya, Istigosah 2 minggu sekali menjelang ujian nasional. 3). Evaluasi Dan Tindak Lanjut Supervisi Artistik Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Religius di SMA N 1 Jember: Evaluasi harian, Evaluasi mingguan, Evaluasi bulanan, tindak lnjut berupa kegiatan outbond.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:03
Last Modified: 17 Nov 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15021

Actions (login required)

View Item View Item