Pembinaan Kepribadian Mukmin Siswa Melalui Budaya Religius Di Sekolah Menengah Pertama Miftahul Ulum Kaliwates Jember. Tahun Pelajaran 2019/2020

AISYAH, SITI (2020) Pembinaan Kepribadian Mukmin Siswa Melalui Budaya Religius Di Sekolah Menengah Pertama Miftahul Ulum Kaliwates Jember. Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SITI AISYAH_0849318030.pdf - Submitted Version

Download (21MB)

Abstract

Perilaku anak merupakan suatu fenomena dari sebuah keberhasilan sosialisasi yang banyak di lakukan oleh faktor-faktor pembentuk kepribadian. Segala bentuk penerimaan sosialisasi dilakukan oleh semua komponen sekolah termasuk guru sebagai media utama. Jadi penentu keberhasilan sekolah dalam membina kepribadian melalui beberapa faktor dan komponen harus berjalan dengan baik. Sebagai upaya maksimal, budaya religius di sekolah berperan sangat penting dalam pembinaan kepribadian siswa. Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembinaan kepribadian mukmin siswa melalui budaya shalat Dluha di SMP Miftahul Ulum Kaliwates Jember? (2) Bagaimana pembinaan kepribadian mukmin siswa melalui budaya Jumat Infaq di SMP Miftahul Ulum Kaliwates Jember? (3) Bagaimana pembinaan kepribadian mukmin siswa melalui budaya Peringatan Hari Besar Islam di SMP Miftahul Ulum Kaliwates Jember? Selaras dengan fokus penelitian diatas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan pembinaan kepribadian mukmin siswa melalui budaya shalat Dluha di SMP Miftahul Ulum Kaliwates Jember (2) Untuk mendeskripsikan pembinaan kepribadian mukmin siswa melalui budaya Jumat Infaq di SMP Miftahul Ulum Kaliwates Jember (3) Untuk mendeskripsikan pembinaan kepribadian mukmin siswa melalui budaya Peringatan Hari Besar Islam di SMP Miftahul Ulum Kaliwates Jember Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Objek penelitiannya kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik. Kegiatan penelitian atau kajian ilmiah perlu dihadapkan kepada permasalahan yang berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu pada bagian ini akan diuraikan tentang pendekatan dan jenis penelitian, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya analisis data menggunakan Milles and Huberman. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)Pembinaan kepribadian mukmin siswa melalui budaya shalat dluha mengajarkan kepada siswa agar terbiasa shalat dluha setiap hari, membiasakan siswa memiliki kesadaran untuk melaksanakan shalat sunah tanpa disuruh. (2) Pembinaan kepribadian mukmin siswa melalui budaya Jumat Infaq, mengajarkan mereka untuk berorientasi pada kebaikan dengan senantiasa ikhlas, bersyukur dan membantu terhadap sesama. (3) Pembinaan kepribadian mukmin siswa melalui budaya Peringatan Hari Besar Islam mengajarkan kepada peserta didik untuk selalu ingat sejarah Islam, menumbuhkan kecintaan mereka terhadap agamanya dengan turut memeriahkan kegiatan keagamaan melalui ceramah agama dan shalawat Nabi. Selalu meneladani Nabinya dengan berbuat kebaikan, salah satunya adalah melaksanakan shalat lima waktu dengan baik dan istiqamah.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:05
Last Modified: 17 Nov 2022 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15051

Actions (login required)

View Item View Item