Internalisasi Nilai-Nilai Tawāḍu` pada Kitab Risālah Qusyairiyyah Fī Ilm al – Tasawwuf di Pondok Pesantren Ali Ba`Alawi Kencong Jember.

IHSAN, MAHMUD (2021) Internalisasi Nilai-Nilai Tawāḍu` pada Kitab Risālah Qusyairiyyah Fī Ilm al – Tasawwuf di Pondok Pesantren Ali Ba`Alawi Kencong Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MAHMUD IHSAN_0849319060.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Tawāḍu` adalah akhlak yang mulia yang menjadikan manusia di cintai, oleh karena itu, pesantren dituntut agar tidak hanya mentransformasikan nilai-nilai ketawadluan saja, tetapi mampu menginternalisasikan nilai-nilai tersebut hingga menyatu dalam sikap dan prilakunya yang digambarkan dalam bentuk nyata dari nilai ketawadluan yang ditanamkan. Melalui kajian Risālah Qusyairiyyah Fī ilm al –Tasawwuf ini Pesantren Ali Ba`alawi berupaya menginternalisasikan nilainilai Tawāḍu` yang terkandung dalam kitab tersebut dan merupakan sebuah nasehat yang baik. Fokus penelitian ini yaitu: bagaimana transformasi, transaksi dan transinternalisasi nilai-nilai karakter Tawāḍu` pada kitab Risālah Qusyairiyyah Fī ilm al –Tasawwuf di Pondok Pesantren Ali Ba`alawi. Tujuan dari penelitian ini adalah: menganalisis transformasi, transaksi dan transinternalisasi nilai – nilai karakter Tawāḍu` pada kitab Risālah Qusyairiyyah Fī ilm – al –Tasawwuf dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Ali Ba`alawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis Data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber dan membercheck. Kesimpulan penelitian ini: (1) Tranformasi., Melalui proses pembelajaran kitab Risālah Qusyairiyyah Fī Ilm Al – Tasawwuf, santri memaknai kitabnya dengan makna pegon dan pengasuh membaca kitab tersebut secara relektif dengan metode ceramah, ibroh dan mauidloh. (2) Transaksi., Melalui memberikan contoh nilai ketawadluan kepada santri dengan metode pembiasaan yang tercover dalam kegiatan pondok yang masih dalam control pengasuh dan pengurus khusu` dalam beribadah kepada Allah, membersihkan lingkungan bersama (Roan), berbuat baik pada semua orang, tidak sombong, mencium tangan guru, bertutur kata sopan, merendahkan tangan ketika lewat di depan orang. (3) Transinternalisasi., ditunjukkan dengan sikap reflektif santri dalam kegiatan sehari – hari tanpa adanya keterpaksaan: Beribadah kepada Allah dengan khusu`baik dalam sholat, ataupun derdzikir, ta`dim pada guru dan orang tua, menerima nasehat yang baik, membersihkan lingkungan, rendah hati dan tidak sombong, berbicara dengan bahasa yang santun, berbuat baik pada sesama, mencium tangan guru dan orang tua , mentaati perintah guru dan orang tua

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:54
Last Modified: 17 Nov 2022 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15093

Actions (login required)

View Item View Item