Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Keadilan Prosedural Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah di Pegadaian Syariah UPS Karimata Situbondo

Arifin, Ravina Arfionita (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Keadilan Prosedural Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah di Pegadaian Syariah UPS Karimata Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Baru Ravina Arfionita Arifin.pdf

Download (66MB)

Abstract

Ravina Arfionita Arifin, Retna Anggitaningsih, S.E., M.M., 2022 : Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Keadilan Prosedural Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah di Pegadaian Syariah UPS Karimata Situbondo
Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Keadilan Prosedural, Kepuasan Nasabah
Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Hal ini kemudian melahirkan berbagai Lembaga keuangan syariah yang salah satunya adalah pegadaian syariah. Sebagai salah satu Lembaga keuangan yang menawarkan jasa keuangan syariah, tentunya pegadaian harus bersaing dengan Lembaga keuangan lain dalam memasarkan berbagai produknya. Salah satu upaya dalam meningkatkan penjualan produk ataupun jasa yakni dengan meningkatkan pelayanan yang ada agar tercipta kepuasan oleh nasabah. Beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kepuasan nasabah diantaranya dengan memperhatikan kecerdasan emosional dan keadilan prosedural yang dimiliki oleh masing-masing karyawan.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) Apakah kecerdasan emosional karyawan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah di Pegadaian Syariah UPS (Unit Pelayanan Syariah) Karimata Situbondo. 2) Apakah keadilan prosedural karyawan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah di Pegadaian Syariah UPS Karimata Situbondo. 3) Apakah kecerdasan emosional dan keadilan prosedural karyawan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan nasabah di Pegadaian Syariah UPS Karimata Situbondo.
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel kecerdasan emosional dan keadilan prosedural karyawan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah di Pegadaian Syariah UPS Karimata Situbondo.
Metode dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat uji regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji f beserta uji validitas dan uji reliabilitas dengan teknik accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin yang hasilnya berjumlah 97 orang.
Berdasarkan hasil uji regresi pada uji t atau parsial dapat diketahui bahwa variabel Kecerdasan Emosional karyawan berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah di Pegadaian Syariah UPS Karimata Situbondo. Untuk variabel Keadilan Prosedural karyawan berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Nasabah di Pegadaian Syariah UPS Karimata Situbondo. Sedangkan untuk uji f atau simultan dapat disimpulkan bahwa variabel Kecerdasan Emosional dan Keadilan Prosedural karyawan berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Nasabah di Pegadaian Syariah UPS Karimata Situbondo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ravina Arfionita Arifin
Date Deposited: 24 Nov 2022 09:14
Last Modified: 24 Nov 2022 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15273

Actions (login required)

View Item View Item