Kearifan Budaya Lokal Masyarakat Perkebunan Karet Renteng Kabupaten Jember sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama

Mat, Hari (2020) Kearifan Budaya Lokal Masyarakat Perkebunan Karet Renteng Kabupaten Jember sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mat Hari_T20169002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Kearifan Budaya Lokal, Sumber Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Latar belakang penelitian ini berangkat dari pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh guru IPS yang cenderung terpaku dengan materi sehingga proses pembelajaran terkesan pasif dan kurang menarik, sehingga diperlukan proses pembelajaran kontekstual yang mengangkat kearifan budaya lokal sebagai sumber belajar. Sementara realita yang terjadi di sekolah guru IPS hanya menggunakan model pembelajaran ceramah, model pembelajaran kontekstual yang mengangkat kearifan budaya lokal bisa menjadi solusi agar siswa bisa berperan aktif dalam proses pembelajaran IPS.

Fokus penelitian dalam penelitian ini pertama bagaimana kearifan budaya lokal masyarakat perkebunan karet renteng Kabupaten Jember. Fokus penelitian kedua adalah apa kontribusi yang diberikan kearifan budaya lokal masyarakat perkebunan karet renteng terhadap sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Tujuan dalam penelitian ini pertama untuk mendeskripsikan kearifan budaya lokal masyarakat perkebunan karet Renteng kabupaten Jember. Tujuan penelitian yang kedua adalah untuk mendeskripsikan kontribusinya kearifan budaya lokal masyarakat perkebunan karet Renteng kabupaten Jember sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama.

Metode yang digukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan keabsaan menggubakan tringgulasi teknik.

Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa kearifan budaya lokal masyarakat perkebunan karet adalah pertama bekerja dengan menggunakan peralatan tradisonal, dimana di dalamnya mengandung nilai-nilai pendidikan, kesabaran dan keuletan. Kedua kearifan budaya lokal masyarakat perkebunan karet Renteng memberikan kontribusi terhadap sumber belajar IPS berupa aspek-aspek pembelajaran dan disiplin Ilmu Pengetahuan Sosial, sesuai dengan KD 3.1 “Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi” kurikulum 2013 kelas tujuh Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160101 Anthropology of Development
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mat Hari
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:22
Last Modified: 24 Nov 2022 03:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15291

Actions (login required)

View Item View Item