Pengaruh Self Confidence dan Penyesuaian Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Saif, Likaromah (2022) Pengaruh Self Confidence dan Penyesuaian Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
Skripsi Likaromah Saif watermark.pdf

Download (8MB)

Abstract

Likaromah Saif, 2022. Pengaruh Self Confidence dan Penyesuaian Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Kata Kunci : Self Confidence, Penyesuaian Diri, dan Hasil Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu aspek psikologis adalah sikap siswa seperti, self confidence dan penyesuaian diri.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana self confidence siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo ? 2) Bagaimana Penyesuaian Diri siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo ? 3) Bagaimana Hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo ? 4) Adakah pengaruh self confidence dan penyesuaian diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo ? 5)Adakah pengaruh self confidence terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo ? 6) Adakah pengaruh penyesuaian diri terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA sebanyak 165 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Self Confidence siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo dengan kategori tinggi sebesar 15%, kategori sedang sebesar 84%, dan kategori rendah sebesar 1%. 2) Penyesuaian diri siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo kategori tinggi sebesar 27%, kategori sedang sebesar 70%, dan kategori rendah sebesar 3%. 3) Hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo yang berupa nilai Ujian Akhir Semester (UAS) dengan kategori sangat tinggi sebesar 24%, kategori tinggi sebesar 61%, kategori sedang sebesar 13%, dan kategori rendah sebesar 2%. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self confidence dan penyesuaian diri secara bersama – sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. 5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan self confidence terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. 6) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penyesuaian diri terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Likaromah Saif
Date Deposited: 29 Nov 2022 07:25
Last Modified: 29 Nov 2022 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15398

Actions (login required)

View Item View Item