KURIKULUM ULUM AL-QURAN DI PESANTREN PELAJAR ISLAM (PPI) NURUL BURHAN BADEAN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2016/2017

AHMAD AMIRUDDIN, 084121057 (2016) KURIKULUM ULUM AL-QURAN DI PESANTREN PELAJAR ISLAM (PPI) NURUL BURHAN BADEAN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Abstrak.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB I.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB III.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB IV.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB V.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

ahmad Amiruddin, 2016 : kurikulum ulum al-Quran di pesantren pelajar islam
(PPI) nurul burhan badean bondowoso.
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pendidkan yang eksistensinya
bertahan cukup lama dalam perjalanan kemerdekaan negara kita adalah
pesantren. Pesantren bisa bertahan bukan hanya karena kemampuannya untuk
melakukan penyesuaian, akan tetapi hal itu disebabkan juga karena karakter
eksistensinya yang dalam Bahasa Nur Cholis Majid disebut sebagai lembaga
yang tidak hanya identic dengan makna keislaman tetapi juga mengandung
makna keaslian Indonesia (indigenous).
Pendidikan pesantren yang disajikan dengan system boarding school atau
asrama merupakan langkah yang tepat sebagai tindakan preventif terhadap
pengaruh lingkungan yang tidak sesuai dikarenakan moral bangsa yang semakin
jauh dari kemanusiawian dan ajaran agama.
Sejalan dengan hal diatas, penerapan sebuah program pendidikan yang
berlandaskan Al-Quran sebagai kurikulum utama dalam pembelajaran
merupakan satu langkah yang tepat sebagai pemberdayaan umat, terutama bagi
para generasi umat itu sendiri.
Berdasarkan hal tersebut, tentunya menarik dan menjadi ciri khas
tersendiri bagi sebuah lembaga ketika penerapan kurikulum yang digunakan
sebagai fokus utama pembelajaran adalah Al-Quran. Hal demikianlah yang
menjadi pertimbangan peneliti dalam pengangkatan judul Kurikulum Ulum AlQuran
di Pesantren
Pelajar
Islam
(PPI)
Nurul
Burhan
Badean
Bondowoso.

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini ada empat hal, dintaranya : 1)
Bagaimana tujuan kurikulum UlumAl-Quran di Pesantren Pelajar Islam (PPI)
Nurul Burhan Badean Bondowoso ? 2) Apasaja Materi/Isi kurikulum Ulum AlQuran

di Pesantren Pelajar Islam (PPI) Nurul Burhan Badean Bondowoso ? 3)
Bagaimana strategi/metode kurikulum Ulum Al-Quran di Pesantren Pelajar Islam
(PPI) Nurul Burhan Badean Bondowoso ? 4) Bagaimana evaluasi kurikulum
Ulum Al-Quran di Pesantren Pelajar Islam (PPI) Nurul Burhan Badean
Bondowoso ?.
Sedangkan tujuan penelitian dari skripsi ini adalah untuk mengetahui
bagaimana tujuan, materi/isi, strategi/metode, serta evaluasi dari kurikulum Ulum
Al-Quran di Pesantren Pelajar Islam (PPI) Nurul Burhan Badean Bondowoso.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif ketika
ditinjau dari penyajiannya. Adapun teknik pengumpuan data menggunakan
triangulasi teknik dan sumber dengan rincian wawancara mendalam, observasi
partisipatif, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Tujuan Kurikulum Ulum AlQuran

yang ada di PPI Nurul burhan dapat terangkum sebagai berikut a)
Menciptakan generasi muda yang islami (kader ulama’), b) Menjadi pemimpin

viii
yang sholih dan mushlih, c) Hifdzul hal / bisa menjaga perilaku yang baik dan
qur’ani d) Ilmul hal / mempunyai ilmu tentang akhlak atau perilaku baik. 2)
Materi/isi Kurikulum Ulum Al-Quran yang ada di PPI Nurul Burhan terdiri dari a)
Baca, Tulis dan Terjemah Al-Quran, b) Tilawatil Quran, c) Tafsirul Quran, d)
Kajian ilmu tajwid, e) Tahfidzul Quran. 3) Strategi/metode Kurikulum Ulum AlQuran

yang ada di PPI Nurul Burhan menggunakan metode yang bervariasi,
diantaranya metode sorogan, bandhongan / wetonan, hafalan serta demonstrasi. 4)
Evaluasi Kurikulum Ulum Al-Quran yang ada di PPI Nurul Burhan PPI Nurul
Burhan menggunakan dua jenis evaluasi yakni metode test dan metode non-test
yang terinci dalam empat macam jenis evaluasi di antaranya dilaksanakan setiap
hari (kegiatan harian), minggu (kegiatan mingguan), bulan (kegiatan bulanan)
serta setiap tahunnya (KREASI)

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM ULUM AL-QURAN
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:18
Last Modified: 26 Oct 2017 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item