Pengembangan Handout Biologi Berbasis Android Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas XI MIPA Di SMA Negeri Rambipuji Jember

Faidhotul, Karomah (2022) Pengembangan Handout Biologi Berbasis Android Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas XI MIPA Di SMA Negeri Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN Kyai Haji Achmad Siddqi Jember.

[img] Text
FAIDHOTUL KAROMAH T20188012 watermak.pdf

Download (7MB)

Abstract

Media memegang peranan penting dalam setiap pendidikan siswa, ini merupakan bagian integral dari setiap proses pembelajaran. Namun dalam proses pembelajaran pasti terdapat permasalahan yang dihadapi, berdasarkan wawancara guru biologi SMA Negeri Rambipuji bahan ajar yang disediakan oleh sekolah masih sangat kurang, sehingga perlu dikembangkan bahan ajar berupa handout berbasis android.
Tujuan dari penelitian ini ialah: 1.) Untuk mengetahui kevalidan handout biologi berbasis android pada materi sistem peredaran pada manusia untuk siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember; 2.) Untuk mengetahui resposn siswa terhadap handout biologi berbasis android pada materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember; 3.) Untuk mengetahui efektifitas handout biologi berbasis android pada materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D menggunakan model ASSURE yaitu yang terdiri dari enam tahap: Analyzee Learners, State Standard and Objectives, Select Methode, Media and Materials, Ultilize media and Materials, Require Learner Participation, Evaluated and Revisi. Subjek validasi dilakukan dengan melibatkan dosen ahli Bahasa, ahli media, ahli materi dan guru biologi. Untuk uji kemenarikan yaitu menggunakan angket respon siswa, dan uji efektifitas menggunakan pretest dan postest. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, pedoman wawancara dan soal tes.
Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan: 1) Hasil analisis kevalidan ahli media memperoleh rata-rata sebesar 92,8%, ahli Bahasa sebesar 90%, ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 86,4%, dan guru biologi memperoleh sebesar 96,2%. Dinyatakan sangat valid. 2) Hasil uji respon siswa dihasilkan skor sebesar 90,83% untuk uji coba skala kecil, dan 94,03% dengan uji coba skala besar. Dinyatakan sangat menarik 3) hasil keefektifan yaitu hasil nilai rata-rata postest sebesar 79 lebih tinggi dari nilai pretest sebesar 41,3. Berdasarkan hasil uji Paired Sample T Test menggunakan SPSS 24 memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya, terdapat perbedaan pada data pretest dan postest dan dinyatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060112 Structural Biology (incl. Macromolecular Modelling)
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: T20188012 Faidhotul Karomah
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:28
Last Modified: 07 Dec 2022 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15662

Actions (login required)

View Item View Item