ANALISIS KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM IPA SERTA PELAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mellinda, Widya (2022) ANALISIS KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM IPA SERTA PELAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WIDYA MELLINDA T20188044 (Watermak).pdf

Download (13MB)

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi yang menentukan ketangguhan dan kemajuan suatu bangsa. Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup. Untuk mendapatkan kemampuan prosedural bisa melalui kegiatan praktikum yang bertujuan untuk membekali siswa agar lebih dapat memahami teori dan praktik dalam pembelajaran biologi. Agar proses pembelajaran biologi terlaksana dengan baik maka memerlukan sarana dan prasarana atau fasilitas yang memadai terutama laboratorium IPA yang dimana merupakan sarana prasarana pendidikan yang digunakan sebagai tempat berlatih dengan melakukan percobaan agar dapat mendapatkan pemahaman tentang konsep IPA. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium IPA dalam pelaksanaan praktikum biologi pada siswa kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2022/2023?, 2) Bagaimana pelaksanaan praktikum biologi pada siswa kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2022/2023?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium IPA dalam pelaksanaan praktikum biologi pada siswa kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2022/2023., 2) Mendeskripsikan pelaksanaan praktikum biologi pada siswa kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian yaitu waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, kepala laboratorium, guru biologi, dan siswa kelas XI MIPA sebanyak 79 orang. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman lembar observasi, pedoman lembar angket, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verification). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian mengenai ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium IPA serta pelaksanaan praktikum biologi di SMA Nuris Jember menunjukkan bahwa: 1) Hasil observasi ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium IPA diperoleh rata-rata presentase 86,25% (klasifikasi sangat baik) dan 84% (klasifikasi baik). Sedangkan hasil observasi pelaksanaan praktikum biologi di SMA Nuris Jember diperoleh rata-rata presentase 84,11% (klasifikasi baik). 2) Hasil angket penelitian diperoleh rata-rata presentase 85% (klasifikasi positif).

Kata Kunci : Ketersediaan Sarana dan Prasarana, Laboratorium IPA, Pelaksanaan Praktikum Biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Me Widya Mellinda
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:15
Last Modified: 09 Dec 2022 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15707

Actions (login required)

View Item View Item