Problematika Pembentukan Akhlak Murid Berbasis Kitab Ta'limul Muta'allim (Studi Kasus di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember)

Firmansyah, Riyan (2022) Problematika Pembentukan Akhlak Murid Berbasis Kitab Ta'limul Muta'allim (Studi Kasus di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember). Undergraduate thesis, Universitas Kiai haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riyan Firmansyah_T20181371.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Akhlak, Kitab Ta’limul Muta’allim, Problematika Akhlak
Akhlak merupakan aspek utama dalam pendidikan di pesantren. Pondok pesantren Baitul Hikmah Tempurejo memilih kitab Ta’limul Muta’allim sebagai basis dan acuan dalam membentuk akhlak muridnya. Dipilihnya kitab tersebut dengan pertimbangan bapak pengasuh. Namun dalam prosesnya, pembentukan akhlak murid muncul hambatan-hambatan yang dapat menghalangi proses tersebut. Sehingga proses pembentukan akhlak murid menjadi kurang maksimal. Dalam penelitian ini, peneliti hendak memerinci strategi yang digunakan dalam pembentukan akhlak murid dan hambatan-hambatan yang muncul dalam proses pembentukan akhlak tersebut.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pembentukan akhlak murid berbasis kitab Ta’limul Muta’allim 2) bagaimana problem akhlak murid di pondok pesantren Baitul Hikmah Tempurejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembentukan akhlak murid berbasis kitab Ta’limul Muta’allim dan permasalahan-permasalahan yang muncul dalam proses pembentukan akhlak.
Untuk mengidentifikasi permasalahan, peneliti menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan juga menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun Teknik dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan penelitian dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu 1) pembentukan akhlak murid berbasis kitab Ta’limul Muta’allim melalui beberapa aspek yaitu pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim, teladan yang baik, motivasi dan menciptakan lingkungan yang mendukung, 2) problem dan hambatan dalam pembentukan akhlak murid kepada guru terjadi dikarenakan beberapa faktor, meliputi karakter murid, keilmuan guru baru, kepribadian, senioritas dan interaksi relasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riyan Firmansyah
Date Deposited: 16 Dec 2022 06:41
Last Modified: 16 Dec 2022 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15891

Actions (login required)

View Item View Item