PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIDIK DI TK PLUS WAHIDIYAH DUSUN CURAH BAMBAN, DESA TANGGUL WETAN, KECAMATAN TANGGUL, KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DEVY HERVIANA MEGASARI, 084 116 029 (2016) PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIDIK DI TK PLUS WAHIDIYAH DUSUN CURAH BAMBAN, DESA TANGGUL WETAN, KECAMATAN TANGGUL, KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER JUDUL.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Devy Herviana Megasari, 2016: Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak Didik di TK Plus Wahidiyah Dusun Curah Bamban, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendidikan Agama Islam sangat berperan dalam usaha membentuk dan mengamalkan ajaran agama dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka dari itu Pendidikan Agama harus diajarkan pada anak sejak dini. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana penerapan pendidikan agama Islam di TK Plus Wahidiyah Dusun Curah Bamban, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember? Sub fokus masalah: 1)Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK Plus Wahidiyah Curah Bamban, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 2)Pelaksanaan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK Plus Wahidiyah Curah Bamban, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 3)Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK Plus Wahidiyah Curah Bamban, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK Plus Wahidiyah Curah Bamban, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, menganalisis penerapan pendidikan agama Islam di TK Plus Wahidiyah Dusun Curah Bamban, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember dengan cara mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Rencana pembelajaran pendidikan Agama Islam di TK Plus Wahidiyah Dusun Curah Bamban, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember mengacu kepada pedoman Depdikbudwa pusat dan perencanaan tersebut sesuai dengan penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13). Kepala Sekolah dan guru telah menyusun RPPH dan RPPM dalam kegiatan perencanaan pembelajarannya. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam di TK Plus Wahidiyah Dusun Curah Bamban, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember diselenggarakan dengan mengacu kepada RKH dan RKM yang telah disusun. 3) Evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di TK Plus Wahidiyah Dusun Curah Bamban, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember dilaksanakan melalui Buku Laporan Perkembangan Anak Didik Taman Kanakkanak yang dibagikan oleh guru kepada wali murid setiap minggu sekali pada hari Sabtu

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN PENDIDIKAN, KARAKTER BUILDING
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:31
Last Modified: 26 Oct 2017 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item