Implementasi Low Cost Leadership Dalam Produksi Olahan Kayu Sengon Oleh PT Kreasi Alam Cemerlang Kabupaten Lumajang

Arulitta, Urindha (2022) Implementasi Low Cost Leadership Dalam Produksi Olahan Kayu Sengon Oleh PT Kreasi Alam Cemerlang Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Urindha Arulitta_E20172123.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Urindha Arulitta. Hj. Nurul Setianingrum, S.E., M.M. “Implementasi Low Cost Leadership Dalam Produksi Olahan Kayu Sengon Oleh PT Kreasi Alam Cemerlang Kabupaten Lumajang”. Skripsi, Jember: Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah (ES), 2017.

Didalam bisnis dituntut untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi yang dapat digunakan untuk mempertahankan perusahaan maupun untuk mencapai keunggulan bersaing. Untuk mencapai keunggulan bersaing ada beberapa strategi yang dapat digunakan, seperti strategi generi. Strategi generik dkelompokkan menjadi tiga yaitu kepemimpinana biaya (low cost leadership), diferensiasi dan fokus.
Fokus masalah dalam penelitian ini: 1) bagaimana implementasi low cost leadership dalam produksi olahan kayu sengon oleh PT Kreasi Alam Cemerlang Kabupaten Lumajang? 2) bagaimana implikasi low cost leadership dalam produksi olahan kayu sengon oleh PT Kreasi Alam Cemerlang Kabupaten Lumajang?
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk menganalisis bagaimana implementasi Low Cost Leadership dalam produksi olahan kayu sengon oleh perusahaan PT Kreasi Alam Cemerlang Lumajang. 2) Untuk menganalisis bagamana implikasi dari Low Cost Leadership dalam produksi olahan kayu sengon oleh perusahaan PT Kreasi Alam Cemerlang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara., untuk teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dengan mentriangulasi sember.
Adapun hasil dari penelitian yang didapat bahwa 1) implementasi Low Cost Leadership pada PT Kreasi Alam Cemerlang dengan cara menerapakn indikator lowcost leadership yaitu pemasok dan integrasi. 2) Adapun implikasi Low Cost Leadership pada PT Kreasi Alam Cemerlang adalah perusahaan mampu bertahan dan bersaing dengan perusahaan lainnya dengan memikat dua perusahaan yaitu PT Alba Jaya dan PT Semeru Makmur Kayunusa seperti yang dijelaskan olehh Michael E. Porter bahwa untuk mencapai keunggulan bersaing ada dua jenis dasar keunggulan bersaing yaitu biaya rendah dan diferensiasi.
Kata Kunci: Implementasi, Strategi Generik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Perpustakaan Urindha Arulitta
Date Deposited: 02 Jan 2023 09:25
Last Modified: 02 Jan 2023 09:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16297

Actions (login required)

View Item View Item