PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs NURUL JIHAD WARU PAMEKASAN

Al Farisi, Salman (2022) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs NURUL JIHAD WARU PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi salman.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salman Al-Farisi, 2022: Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa MTs Nurul Jihad Waru Pamekasan.

Kata Kunci: Disposisi Matematis dan Minat Belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor internal dari minat belajar diantaranya adalah keingintahuan yang termasuk dari disposisi matematis. Disposisi matematis adalah rasa ketertarikan, keingintahuan dan apresiasi terhadap matematika dan minat belajar merupakan kecendrungan dan kegairahan yang tinggi terhadap aktivitas belajar matematika sehingga ada rasa ketertarikan dari dalam diri peserta didik terhadap objek matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa MTs Nurul Jihad Waru Pamekasan, untuk mendeskripsikan minat belajar matematika siswa MTs Nurul Jihad Sanalaok Waru Pamekasan, untuk mengatahui pengaruh disposisi matematis terhadap minat belajar matematika siswa MTs Nurul Jihad Waru Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey yang dilakukan di MTs Nurul Jihad Waru Pamekasan. Populasi meliputi seluruh siswa MTs yang berjumlah 95 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin didapat 48 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statik inferensial menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa MTs Nurul Jihad Waru Pamekasan dari 48 sampel yang diambil peneliti dalam enam kelas, terdapat 26 siswa dengan kategori tinggi (54%), dan 22 siswa dengan kategori sedang (46%), minat belajar siswa MTs Nurul Jihad Waru Pamekasan menunjukkan bahwa terdapat 37 siswa dengan kategori tinggi (77%), dan 11 siswa dengan kategori sedang (23%), Dari hasil uji statistik t diperoleh thitung sebesar (3,333) lebih besar dari ttabel sebesar (2,012) dengan sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan Fhitung sebesar 11,106 > Ftabel sebesar 4,051 dengan sig. sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 hal ini dapat diartikan bahwa variabel disposisi matematis berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat belajar matematika siswa MTs Nurul Jihad Waru Pamekasan, dengan besar pengaruh 19,4% sedangkan 80,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010406 Stochastic Analysis and Modelling
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Salman Alfarisi
Date Deposited: 04 Jan 2023 08:48
Last Modified: 04 Jan 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16395

Actions (login required)

View Item View Item