Pengembangan Alat Peraga Generator Van de Graaff (GVG) Portabel untuk Pembelajaran IPA Materi Listrik Statis Tingkat SMP

Sholehuddin, Muhammad (2020) Pengembangan Alat Peraga Generator Van de Graaff (GVG) Portabel untuk Pembelajaran IPA Materi Listrik Statis Tingkat SMP. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Muhammad Sholehuddin_T201610017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Alat Peraga, Generator Van de Graaff Portabel, Listrik Statis. Generator Van de Graff (GVG) merupakan alat yang dapat menghasilkan muatan listrik statis dalam jumlah yang sangat besar melalui proses gesekan. GVG dapat digunakan untuk mendemonstrasikan fenomena muatan listrik berupa sifat-sifat muatan listrik dan Hukum Coulomb di tingkat SMP/MTS. Namun menurut analisis penulis, alat peraga GVG ini tidak banyak dimiliki oleh laboratorium di sekolah, khususnya SMP/MTs. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain karena harganya mahal, GVG yang tersedia di pasaran ukurannya terlalu besar sehingga tidak dapat dipindah-pindah, desainnya tidak dapat dilepas (tidak portabel), dan banyak kelemahan yang lain. Oleh karena itu, berdasarkan kondisi tersebut, perlu adanya pengembangan alat peraga generator Van De Graaff (GVG) Portabel untuk Pembelajaran IPA Materi Listrik Statis Tingkat SMP. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana deskripsi alat peraga GVG Portabel yang dikembangkan? (2) Bagaimana validitas alat peraga GVG Portabel menurut validator ? (3) Bagaimana respon peserta didik terhadap kemenarikan alat peraga GVG Portabel yang dikembangkan?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan alat peraga GVG portabel yang dikembangkan. (2) mengetahui validitas alat peraga GVG Portabel menurut validator. (3) mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan alat peraga GVG Portabel yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model yang diadopsi dari Robert Maribe Branch, yaitu ADDIE yang memiliki lima (5) alur tahapan yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Namun, tahapannya dibatasi sampai pada tahap Development disebabkan keterbatasan waktu dalam penelitian. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan alat peraga GVG Portabel yaitu menggunakan skala Likert dengan 5 kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif dari ahli materi, ahli media, serta respon siswa. Data kualitatif merupakan data berupa kritik dan saran dari tim ahli, sedangkan data kuantitatif merupakan data berupa skor (persentase). Hasil penilaian menunjukkan bahwa alat peraga ini dikategorikan sangat valid. Hal ini didasarkan pada persentase kelayakan alat peraga oleh ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 91,66%, penilaian oleh ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 86%, dan penilaian dari respon siswa diperoleh persentase kemenarikan sebesar 92,75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 16 Mar 2021 08:20
Last Modified: 16 Mar 2021 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item View Item