Strategi Peningkatan Pendapatan UMKM Melalui Program BUMDes Boss Muda Desa Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Tayana, Devi (2022) Strategi Peningkatan Pendapatan UMKM Melalui Program BUMDes Boss Muda Desa Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Devi Tayana fix ACC Watermak.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Devi Tayana, Dr. H. Roni Subhan, S.Pd., 2022: Strategi Peningkatan Pendapatan UMKM melalui Program BUMDes Boss Muda Desa Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi. Strategi yang dijalankan mempengaruhi pendapatan UMKM dan usaha yang berkembang untuk meningkatkan pendapatan.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi peningkatan pendapatan melalui program BUMDes pada UMKM di Desa Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember?  2) Bagaimana pendapatan UMKM sebelum dan Sesudah keberadaan program BUMDes di Desa Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember?

Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) untuk mengetahui strategi peningkatan pendapatan melalui program BUMDes pada UMKM di Desa Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember? 2) untuk mengetahui pendapatan UMKM sebelum dan sesudah keberadaan program BUMDes di Desa Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember?

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian di Desa Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.

Penelitian menghasilkan: 1) strategi dalam peningkatan pendapatan UMKM melalui program BUMDes yaitu Pemberian bantuan modal sesuai dengan produksi yang dibutuhkan, produksi dapat meningkat sehingga akan berpengaruh pada meningkatnya pendapatan. Pelatihan inovasi produk dan packaging serta penjualan melalui media online. 2) pendapatan UMKM sebelum adanya program BUMDes untuk suwar-suwir pendapatannya yaitu Rp. 840.000, Kopi pendapatannya yaitu Rp. 590.000, untuk Abon Pepaya pendapatannya yaitu Rp. 300.000. Sedangkan pendapatan UMKM sesudah keberadaan program BUMDes untuk suwar-suwir pendapatannya 1.560.000, Kopi pendapatannya yaitu Rp. 2.440.000, untuk Abon Pepaya pendapatannya yaitu1.350.000.

Kata Kunci : Pendapatan, UMKM, Program BUMDes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Devi Tayana
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:05
Last Modified: 09 Jan 2023 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16568

Actions (login required)

View Item View Item